Ingin Foto Profil Makin Oke, Ini Caranya !

FOTO profil yang diupload di situs jejaring sosial mereprentasikan diri seseorang di jagat online. Bagi sebagian orang, memilih foto profil di situs seperti Facebook, Twitter hingga YouTube mungkin hal yang sepele. Namun bagi yang lain, memilih Avatar untuk situs-situs tersebut merupakan hal yang dilakukan dengan baik-baik. Nah, bagi Anda yang ingin memaksimalkan foto profil di jejaring sosial dalam format dan ukuran yang pas, berikut beberapa anjuran yang bisa dilakukan seperti dilansir dari Mashable.

1.    Facebook
Meski situs besutan Mark Zuckerberg ini akan menampilkan foto dalam ukuran 160 x 160 piksel, namun foto yang diupload disarankan memiliki ukuran minimal 180 x 180 piksel. Lantas untuk cover photo, dianjurkan foto diatur dalam setingan 851 x 315 piksel. Agar proses upload berjalan cepat, pengguna direkomendasikan untuk memilih foto cover dengan file JPG yang berada di bawah 100KB. Beda halnya jika foto yang Anda pilih menampilkan logo atau teks, Facebook menyarankan agar memakai file berformat PNG guna untuk menjaga kualitasnya.

2.    Twitter
Seperti diketahui, tampilan foto profil di situs Twitter sangat kecil, jadi pastikan Anda melakukan pengukuran terlebih dulu. Avatar Twitter maksimal adalah 2MB, akan tetapi foto akan ditampilkan dalam ukuran 73 x 73 piksel di halaman profil dan hanya 48 x 48 piksel di tweet. Adapun untuk foto header, pengguna bisa mengupload foto yang memiliki ukuran hingga 5MB. Dimensi yang disarankan untuk foto header ini adalah 1252 x 626 piksel. Dan mengingat bio singkat Anda muncul di header, maka akan lebih baik jika Anda memilih foto yang tidak menganggu keberadaan teks.

3.    Google+
Foto profil di Google+ agak berbeda dibanding situs jejaring lain karena ia menampikan foto dalam bentuk lingkaran. Avatar akan ditampilkan dalam ukuran 120 x 120 piksel, namun tidak semua bagian akan muncul karena faktor bentuk lingkaran tadi. Kemudian untuk cover, Google+ akan menyesuaikan ukuran ini berdasarkan area layar. Minimal ukurannya adalah 480 x270 piksel dan untuk ukuran yang disarankan adalah 960 x 540 piksel. Bagi pemilik piranti dengan retina display yang ingin fotonya tampil maksimal, maka disarankan mengupload foto 2120 x 1192 piksel.

4.    YouTube
Karena informasi pengguna halaman Google+ dikoneksikan dengan YouTube, maka foto profile di situs berbagi video ini akan dilink ke foto profil Google+. Dan sama dengan Google+ juga, cover foto atau 'channel art' akun YouTube Anda akan menyesuaikan ukuran layar. Guna memaksimalkan tampilan di semua piranti, YouTube merekomendasikan untuk mengupload foto berukuran 2560 x 1440 piksel. Adapun ukuran display minimalnya sendiri adalah 1546 x 423 piksel, jadi pastikan foto Anda tidak akan terpotong.

5.    LinkedIn
Jejaring untuk kalangan profesional ini memiliki kebijakan yang tidak dimiliki situs pertemanan lainnya, yakni bahwa foto bisa saja dihapus oleh LinkedIn jika foto profile bukan merupakan foto headshot. Untuk LinkedIn, maksimal ukuran foto di sini adalah 4MB dengan dukungan format JPG, GIF atau PNF. Secara default, ukuran foto untuk avatar LinkedIn di halaman profil adalah 200 x 200 piksel, namun user bisa memperbesarnya hingga 450 x 450 piksel. Lain halnya untuk halaman perusahaan. Logo perusahaan yang ditampilkan di halaman LinkedIn adalah 100 x 60 piksel dan untuk yang berbentuk square adalah 50 x 50 piksel. (dk/mar)