Enam Smartphone dengan Kamera Gahar

KAMERA dengan fitur canggih adalah salah satu fokus para vendor dalam membuat ponsel pintar. Berbagai vendor ponsel berlomba menyematkan sensor kamera 'gahar' di produknya agar bisa memikat para penggila smartphone berkamera canggih. Nokia, Samsung, Sony dan HTC jadi perusahaan yang sudah masuk ke pasar smartphone dengan kekuatan kamera sebagai senjata utamanya. Vendor asal China, Oppo tak mau ketinggalan dan mengaku akan segera ikutan meluncurkan smartphone dengan kamera canggih. Berikut ini beberapa smartphone yang mengandalkan kamera canggih yang siap meramaikan pasar smartphone dunia.

1. Nokia Lumia 1020
Vendor asal Finlandia ini jawaranya urusan jeprat-jepret di kondisi gelap. Teknologi PureView yang sudah sejak lama dibawa pada produk buatannya dibawa Nokia di handset andalan terbarunya ini. Lumia 1020 dilengkapi sensor 41 megapiksel berteknologi PureView dengan lensa Carl Zeiss bukaan f/2,2 berhasil membuat smartphone ini unggul dibandingkan beberapa pesaingnya. Urusan desain Nokia Lumia 1020 cukup menawan dengan balutan polikarbonat berdimensi 130,4 x 71,4 x 10,4 mm. Dapur pacunya dibenami Snapdragon S4 dual-core berkekuatan 1,5Ghz dari Qualcomm dipadu dengan RAM 2GB. Berjalan di sistem operasi Windows Phone 8 membuat smartphone ini pas bagi para eksekutif muda. Sayangnya, Nokia belum meluncurkan handset ini di Indonesia.

2. Samsung Galaxy S4 Zoom
Smartphone ini menggunakan desain yang tak jauh berbeda dari kamera digital Android Samsung, Galaxy Camera. Hanya saja Galaxy S4 Zoom dilengkapi dengan kemampuan telefoni.
Urusan kekuatan kamera Samsung mempersenjatai Galaxy S4 Zoom dengan lensa bersensor CMOS 16 megapiksel yang dibekali kemampuan 10 kalo optical zoom, lengkap dengan fasilitas xenon flash. Dan kameranya ini pun telah mendukung kemampuan merekam video hingga resolusi HD 720p. Dapur pacu dari smartphone Galaxy S4 Zoom dilengkapi chipset Exynos 4212 yang mengusung prosesor dual-core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1,5GHz. Dipadukan pula dengan memori RAM sebesar 1,5GB dan didukung oleh kartu grafis Mali-400 MP4. S4 Zoom berjalan di atas platform Android 4.2.2 Jelly Bean dengan sentuhan antarmuka TouchWiz khas Samsung. Dipasarkan mulai 13 September, Galaxy S4 Zoom dibanderol Rp 5,499 juta.
3. Sony Xperia Z1
Andalan anyar Sony ini dipersenjatai kamera 20,7 MP dengan Exmor RS untuk berperang di pasar smartphone berkamera cadas. Selain itu ada pula tambahan fitur Social Live, Info-eye, Timeshift burst, dan Ar Efect yang semakin memperkuat kamera smartphone ini. Dilengkapi fitur ketahanan air dan debu menjadi nilai tambah yang ada di Xperia Z1. Kehadiran tombol shutter menyatur dengan bezel aluminium mengelilingi ponsel ini membuat penggunanya tetap bisa berfoto narsis di dalam air. Xperia Z1 memakai Snapdragon 800 dengan dukungan RAM berkapasitas 2GB. Memori internalnya sendiri seluas 16 GB yang bisa diekspansi dengan MicroSD card. Menyasar tech mature membuat Sony yakin ponsel yang dibanderol seharga Rp 8,499 juta tetap diminati di Indonesia.

5. LG G2
LG G2 diakui LG sebagai perangkat pertama yang memiliki fitur kamera utama 13 MP berteknologi Optical Image Stabilization (OIS). Fitur ini membuatnya mampu bergerak layaknya mata manusia saat mengikuti objek. LG menjamin tidak akan ada hasil gambar yang goyang atau blur saat menjepret objek bergerak pakai ponsel ini. Selain kamera canggih, andalan LG ini juga mengusung inovasi desain dengan tombol volume yang terletak di bawah kamera belakang. Perpindahan posisi tombol itu menjadikan G2 sebagai smartphone pertama di dunia yang tidak memiliki tombol di sisi samping bodi. Prosesor yang dipakai handset ini adalah Snapdragon 800 yang merupakan quad-core terbaru dari Qualcomm dengan berbagai kelebihan dan dipadukan RAM 2 GB. Dibanderol dengan harga Rp 6,799 juta, G2 diyakini LG bisa laku keras di pasaran.

6. Oppo N1
Tak ingin ketinggalan, vendor asal China ini ikut masuk ke perang smartphone berkamera canggih yang baru saja dimulai. Handset ini mengusung kamera bersensor CMOS dengan resolusi 13 MP dan bukaan f/2.0. Sensor OWL yang membuat ponsel ini bisa menangkap objek dalam gelap disebutkan sebagai buah kerja Oppo sendiri. Sedangkan untuk menghadirkan sensor khusus kameranya yang berkualitas cadas, Oppo mengaku menggandeng Fujitsu IPS Imaging Chip untuk menyiapkan desain khusus. Jeroan di ponsel China ini dibekali proseso quad-core 1,7 GHz besutan Qualcomm Snapdragon 600, GPU Adreno 320 dan RAM 2 GB. Handset ini diperkirakan bakalan masuk ke pasar Indonesia pertengahan Oktober ini. (dk/mar)