Optoma EX-537R, Tak Kalah Handal

MALANG – Proyektor LCD belakangan ini kian tren digunakan. Tidak hanya sebagai alat presentasi, namun proyektor juga kerap digunakan untuk pemutaran film, atau kebutuhan lainnya. Bahkan, lantaran keberadaannya cukup penting, tidak sedikit, pemilik cafe yang menyediakan perangkat tersebut di tempat usahanya. Salah satu proyektor yang banyak digunakan adalah Optoma EX-537R. Proyektor ini tidak hanya mampu bekerja dengan hasil maksimal, tapi juga harganya yang sangat terjangkau.
Marketing Print Siip Plasa Dieng, Desy Wulandary menyebutkan, sebagai produk baru Optoma EX-537R ini memang cukup mumpuni. Perangkat ini memiliki spesifikasi tidak kalah dengan proyektor bermerek global pada umumnya. “Resolusi gambar yang diciptakan adalah XGA 102 x 268 piksel, dengan tingkat kecerahan hingga 2800 Lumen. Dan rasio tampilannya mencapai 10.000 : 1,” terangnya.  
Layaknya proyektor lain, perangkat ini dilengkapi dengan dua port untuk VGA in dan satu port VGA Out untuk memudahkan pengguna menampilkan gambar.  Proyektor Optoma EX-537R ini diakui bisa bertahan hingga 5.500 jam penggunaan. “Proyektor tidak berfungsi seperti komputer, yang bisa menyala terus menerus. Ada waktu yang membatasi, itu sebabnya, untuk pengguna proyektor disarankan agar mematikan proyektor jika tidak digunakan,” ucap wanita ini.
Desy juga menjelaskan proyektor berfungsi untuk menampilkan gambar video, gambar atau dokumen lain seperti data, dari komputer ke sebuah layar. Agar tampilan gambar lebih sempurna, pengguna disarankan menggunakan media yang datar.  Fungsi proyektor ini sebetulnya tidak berbeda dengan Overhead Projector (OHP). Hanya saja kinerjanya yang berbeda. “Jika proyektor bisa langsung disambungkan dengan komputer, tapi kinerja OHP datanya masih berupa tulisan pada kertas bening,” ucapnya.   Secara produk, proyektor biasanya digunakan untuk menampilkan  gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater.
Untuk menampilkan gambar, proyektor LCD akan mengirimkan cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma. Yaitu dimana-mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video.   “Lampu yang digunakan pada proyektor LCD adalah lampu halide logam, karena  karena menghasilkan suhu warna yang ideal dan spectrum warna yang luas. Lampu ini juga memiliki kemampuan untuk memproduksi cahaya, dalam juga sangat besar dalam area kecil,” tutup dia. (vik/mar)