G2 Produk Andalan LG

LEBIH LEBAR: Produk baru LG, yakni  G2 memiliki layar lebih lebar dan kinerja lebih cepat.

MALANG–   LG merilis produk terbarunya, yaitu LG G2. Secara produk tentu LG yang melepaskan label Optimus di depannya ini tidak ingin mengecewakan konsumen. Artinya, perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 6,7 juta ini merupakan produk handal, dengan teknologi mumpuni. Bahkan beberapa orang sempat menyebutkan jika performa perangkat terbaru LG ini mengalahkan Samsung Galaxy S4.   Customer service Erafone Malang, Ayu Wahyu menjelaskan, LG G2 merupakan produk flagship yang hadir dengan layar 5.2 inci.  
Menurutnya, layar tersebut sedikit lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy S4 yang hanya 5 inci. Namun begitu, layar jenis IPS yang ditanam LG belum mampu mengalahkan layar jenis Super AMOLED milik Samsung Galaxy S4 yang mampu menghasilkan kepadatan warna hingga 441 piksel per inci (PPI). “Layar yang ditanam sama-sama beresolusi full HD, namun jenis layar membuat kepadatan layar LG G2  hanya 424 saja,” sambung wanita bertubuh mungil ini.
Sekalipun unggul dalam ketajaman, namun secara kinerja Samsung Galaxy S4 kalah dengan LG G2. Itu karena LG telah menanamkan prosesor quadcore terbaik yang diproduksi Qualcomm, Snapdragon 800, dengan kecepatan hingga 2.26 GHz. Sedangkan Samsung Galaxy S4 masih menggunakan Snapdragon 600, dengan kecepatan hanya 1,9 GHz.  Sementara untuk memori RAM nya, kedua ponsel premium ini sama-sama didukung dengan memory RAM berkapasitas 2GB. Dan kinerja ponsel ini juga sama-sama mendukung operating system Android 4.2.2 (Jelly Bean).
“Samsung Galaxy S4 memang ada yang bekerja dengan prosesor octa core. Dan perbandingan ini hanya untuk versi yang quad core saja,” tambah Ayu, panggilannya.  Perbedaan juga terlihat pada sisi kamera depannya. Kamera depan Samsung Galaxy S4 mendukung lensa beresolusi 1.9 megapiksel, sedangkan kamera depan LG G2 sudah didukung dengan lensa 2.1 megapiksel. Namun begitu, meskipun menggunakan sensor sedikit lebih unggul pada kamera depannya, faktanya tidak banyak perbedaan hasil jepretan antara LG G2 dan Galaxy S4.
Sementara untuk kamera belakangnya, kedua smartphone ini sama-sama mendukung sensor 13 megapikse. Namun begitu Galaxy S4 memiliki fitur dual shoot. Belum diketahui jelas, apakah LG G2 ini juga memiliki fitur yang sama untuk kameranya. Dukungan baterai berkapasitas 3000 mAh pada LG G2 jelas lebih unggul, karena Samsung hanya menanamkan baterai berkapasitas 2600 mAh pada Galaxy S4. Tapi begitu, urusan memory internal Galaxy S4 jelas lebih unggul. Itu karena Samsung menyediakan lahan sebesar 16 GB yang bisa diperluas dengan menggunakan micro SD Card.
Sedangkan LG G2 tidak mendukung adanya port memory tambahan. Alias, pengguna ponsel ini hanya bisa puas dengan memory 16 atau 32 GB.  “Secara desain bentuk keduanya hampir sama, termasuk cassing yang membalut kedua ponsel ini juga sama-sama berbahan plastic. Hanya saja, yang membuat LG G2 berbeda adalah tertanamnya tombol on/off serta pengaturan volume di bagian belakang ponsel,” tegas gadis asal Pakis ini. (vik/mar)