Ringan dan Elegan

MALANG – Banyaknya vendor yang menciptakan notebook dengan desain sangat tipis. Tidak terkecuali HP. Melalui produk dengan seri SlimBook, HP menciptakan produk notebook yang tipis. Tak pelak, selain ringan, tampilan perangkat ini juga terlihat elegan. Namun begitu, bodinya yang tipis tidak diimbangi dengan mesin yang handal. Sebaliknya, mesin SlimBook ini cenderung biasa saja.  Sebut saja dapur pacunya, SlimBook hanya disokong dengan prosesor jenis AMD dual core E1, yang didukung dengan RAM 2GB DDR 3.  
Kondisi tersebut sudah tentu, membuat notebook ini hanya mampu bekerja sesuai dengan tugas rumah saja, alias notebook ini tidak bisa bekerja keras. Bahkan, memory VGA AmdRadeon 6310 tidak akan mampu, menampilkan grafis secara maksimal. Kondisi tersebut cukup wajar, mengingat harga notebook tersebut relatif terjangkau. “Kami membanderol dengan harga Rp 3 jutaan, cukup terjangkau kan untuk notebook 14 inci,” kata pemilik Acer Utama Malang Town Square (Matos), Markesen.  
Tidak hanya dapur pacunya saja yang biasa, kapasitas penyimpanan notebook ini juga cukup standar. HP hanya memberikan wadah 320 GB untuk memory internalnya. Sekalipun memory tersebut cukup luas, tapi kalah luas dibandingkan dengan memory yang diusung vendor lain.  Namun begitu, untuk pekerjaan sehari-hari, notebook ini sebetulnya sudah cukup lengkap.
Itu karena notebook ini telah dilengkapi dengan kamera dan sambungan WiFi. “Untuk perangkat di dalamnya sudah cukup lengkap, ada DVD player yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menginstall data, termasuk menonton film. Speaker yang ditanam juga cukup mumpuni, sehingga menonton film pun akan lebih seru menggunakan notebook ini,” tandas dia. (vik/mar)