Sound Menggelegar ala G230

BEBERAPA waktu lalu, Logitech mengumumkan jajaran perangkat gaming, G series. Salah satu produk terbarunya adalah Logitech G230. Umumnya, headset gaming memiliki kemampuan untuk menampilkan suara ledakan yang menggelegar, menampilkan posisi bunyi dengan baik, dan sedikit mengabaikan kualitas suara musik. Namun, terdapat sedikit anomali pada headset gaming ini. Kualitas suara yang dihasilkan ketika memutar musik tergolong baik.
Karakter suara yang dihasilkan headset ini pada pengujian musik, tergolong open dengan suara bas yang sedikit mendominasi. Kadar bas yang dihasilkan tidak terlampau berlebihan, namun cukup untuk menggetarkan kepala ketika digunakan pada volume yang cukup besar.
Dari segi vokal, G230 mampu menampilkan suara vokal dengan cukup baik, namun separasinya terasa sedikit kurang. Treble yang dimiliki tergolong cukup dan tidak menyakiti telinga. Hal ini tentunya menjadi sebuah nilai tambah tersendiri untuk pengguna yang gemar bermain game dan mendengarkan musik.
Dalam pengujian game, Logitech G230 cukup baik dalam menghasilkan suara ledakan dan langkah ­kaki. Positioning suara yang dihasilkannya tergolong baik karena arah datangnya mu­suh  bisa dengan mudah diketahui hanya dengan mendengarkan suara langkah ­kaki.
Selain kualitas suara yang tergolong baik di pengujian game dan musik, headset ini juga dilengkapi dengan unsur kenyamanan yang baik. Desain circumaural  pada earpad membuat daun telinga tidak tertekan, sehingga pengguna dapat bermain dengan lebih nyaman dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya itu, earpad yang digunakan juga dapat dilepas sehingga mudah dicuci. Dengan demikian, kebersihan earpad dapat selalu terjaga dengan baik. (chp/fia)