Fitur-fitur Menjanjikan di Windows 8.1

MICROSOFT akhirnya secara resmi merilis update terbaru dari Windows 8, yakni Windows 8.1. Ada beberapa fitur di dalam sistem operasi ini yang layak dicoba. Secara garis besar, pembaharuan yang diusung di Windows 8.1 ini adalah mengembalikan tombol start dan memungkinkan komputer untuk kembali ke antarmuka desktop tradisional. Tapi jika ditilik lebih dalam, ternyata ada beberapa fitur lain yang tak kalah menarik dari sistem operasi yang baru ini.
Berikut segelintir fitur anyar Windows 8.1 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.     Live Tile Lebih 'Hidup'
Microsoft melakukan gebrakan besar terhadap interface Windows 8.1. Kini, pengguna bisa lebih leluasa mengantur antarmuka sistem operasi tersebut. Ukuran kotak-kotak yang halaman muka kini memiliki ukuran yang bisa disesuaikan. Kemudian menyatukan beragam aplikasi pada satu folder kini dapat dilakukan dengan mudah. Selain Live Tile, Microsoft juga membenahi fitur start screen, yakni dengan menambahkan kemampuan untuk tampil berbarengan dengan desktop secara bersebelahan.

2.    Tidak Rakus Hardisk
Meski memiliki banyak fitur dibanding Windows 8 tak membuat versi terbaru ini 'lapar' hardisk. Justru sebaliknya, Microsoft mengklaim Windows 8.1 lebih hemat tempat 8-15% dibanding saudara tuanya.

3.    Multitasking Lebih Baik
Snap, salah satu fitur di Windows 8, memiliki konsep yang cukup menarik. Fitur ini dibuat agar memudahkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan beberapa window. Tapi pada kenyataannya fitur tersebut tidak semanis yang dijanjikan. Pasalnya, pengguna masih terbatasi oleh ukuran yang tidak bisa disesuaikan dan ketersediaan yang mentok di dua window.
4.    Mesin Pencari Pintar
Salah satu fitur yang diunggulkan pada Windows 8 yakni kemudahan mencari aplikasi. Hal itu kian ditingkatkan pada Windows 8.1. Kini, mesin pencari pada sistem operasi itu sudah disatukan dengan Bing. Jadi bukan hanya bisa menelusuri isi hardisk, tapi pengguna juga bisa menemukan konten yang ada di internet.

5.    Lock Screen Lebih Dinamis
Biasanya, gambar pada lock screen di Windows 8 hanya bersifat statis dan terlihat membosankan. Untuk mengakali hal itu, Microsoft memberikan sentuhan apik pada fungsi lock screen. Kini, gambar pada fungsi tersebut lebih dinamis karena bisa ditampilkan secara slide show dengan mengambil foto pada folder yang sudah ditetapkan.

6.    Hadirnya Start Button
Benar, tombol Start khas Windows itu kini telah kembali di Windows 8.1, tapi dengan fungsi yang berbeda. Saat diklik tombol tersebut akan membawa pengguna ke menu terakhir yang diakses, sedangkan klik kanan pada tombol tersebut masih menyajikan menu yang seperti sediakala. Namun dari tombol ini juga pengguna bisa dapat dengan mudah mematikan komputer atau mengakses fitur-fitur seperti system settings, Device Manager, Task Manager, Control Panel, File Explorer, fungsi Search dan Run.

7.    Booting Langsung ke Desktop
Pada Windows 8.1 pengguna bisa langsung mengakses desktop tanpa harus melewati antarmuka Start Screen yang dianggap menyebalkan. Caranya, pergi ke tampilan Desktop dan klik kanan di mana saja pada area taskbar. Pilih Properties, kemudian klik Navigation tab. Langkah selanjutnya yakni dengan memberikan centang pada opsi 'Go to the desktop instead of Start when I sign in'. Cukup mudah bukan? (dk/mar)