RAM Besar Memori Kecil

MALANG – Perkembangan zaman menuntut produsen alat komunikasi  untuk menciptakan produk yang bermutu. Tidak hanya secara desain dan tampilannya saja, tapi juga mesin yang handal.
Salah satu produsen tersebut adalah Tabulet. Melalui produknya Octa Q4, tabulet menyuguhkan tablet yang canggih. Bahkan, sejak dikenalkan Agustus lalu, tablet dengan layar 8 inci cukup banyak diminati.
Head Marketing Juragan Tablet Plaza Dieng, Randy Dwi, mengatakan banyak kelebihan yang diusung dari Octa Q4.  Selain tampilannya yang elegan, desain yang tipis, tablet ini juga disokong dengan mesin yang cepat.
“Prosesornya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon, quad core. Masing-masing  dengan speed clock 1.5 GHz,’’ katanya.
Layaknya tablet atau ponsel yang menggunakan prosesor quad core Tabulet juga menanamkan memory RAM 1 GB, untuk mendukung kinerja prosesor sehingga kinerja tablet ini betul-betul sangat handal, dan sama sekali tidak lemot.
Bukan hanya kinerjanya saja yang handal, pilihan chipset yang tertanam pada tablet ini juga mampu menghasilkan layar dengan gambar full HD beresolusi  1024×768 piksel. Dengan resolusi tersebut, tablet ini siap menyajikan gambar berkualitas baik itu film, maupun game. “Tablet ini cocok untuk pengguna yang hobi nonton film ataupun bermain game. GPU Adreno 203  yang tertanam mampu menghasilkan gambar berkualitas HD. Kolaborasi antara prosesor dan GPU mampu menampilkan gambar film dengan lancar alias tidak tersendat-sendat,’’ kata Randy.
Tapi sayang, kolaborasi antara prosesor dan GPU tersebut tidak diimbangi dengan memory internal yang luas. Ya, pada produk ini Tabulet hanya memasang memory 4 GB saja. Memory tersebut jelas kurang, terutama untuk pengguna yang hoby download aplikasi.
“Namun jangan khawatir, tablet ini juga dilengkapi dengan port micro SD Card yang bisa diisi 32 GB,’’ tambah Randy.
Dan yang membuat perangkat ini ini kian diminati  adalah harganya yang relatif sangat terjangkau. Menurut Randy, tablet dengan luas layar 8 inci, bekerja dengan platform android 4.2 Jelly Bean ini hanya dibandrol Rp 2 jutaan saja.
“Untuk kecepatan, tampilan layar serta kamera, Tabulet Octa Q4 cukup mumpuni. Bahkan, secara spesifikasi lebih unggul dibandingkan dengan tablet dari vendor global harga yang sama,’’ ucap pria berkacamata minus ini. (vik/fia)