XL Adakan Penyuluhan Kanker Payudara

MALANG POST - Kanker adalah suatu kondisi dimana  sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Salah satu jenis penyakit kanker yang sering diderita adalah kanker payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat diserang kanker payudara walaupun kemungkinannya lebih kecil.
Untuk antisipasi dan pengetahuan lebih dini tentang kanker payudara dan dalam rangka menyambut Hari Kanker Payudara sedunia 26 Oktober ini, PT. XL Axiata Tbk (XL) melakukan program CSR (Corporate Social Responsibility) “Breast Cancer Awareness” bekerja sama dengan RS. Onkologi Surabaya, dr. Joeti Kartiza Soejono, MPH, MM memberikan penyuluhan seputar kanker payudara untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat sekitar akan bahaya kanker payudara dan mengedukasi mengenai pencegahan kanker payudara.
Manager Management Service XL East Region, Hazad Khan mengatakan, kanker payudara adalah musuh utama bagi kaum perempuan, namun juga dapat menyerang kaum lelaki. ‘’Penyakit ini menjadi penyakit mematikan yang terbesar nomor dua di Indonesia. Karena itu, XL melakukan langkah tindakan berupa program CSR untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit ini,” kata Hazad Khan, kemarin.
Dr. Joeti yang akrab disapa dengan sebutan dokter Tizzy mengatakan, wanita sangat rentan terhadap penyakit ini. “1 dari 8 wanita terinfeksi kanker payudara. Gejala kanker payudara biasanya tidak terasa saat masih dalam stadium awal. Namun, perkembangan sel kanker dapat dicegah sejak dini. Karena itu, alangkah baiknya apabila para wanita melakukan deteksi dini. Siapa lagi yang sayang pada diri kita kalau bukan diri kita sendiri?” tambahnya.
Dokter Tizzy membagikan pengetahuan mengenai cara untuk mencegah kanker payudara dan langkah-langkah untuk mendeteksi gejala kanker payudara. Warga Kelurahan Keputran menerima informasi yang dibagikan oleh dokter Tizzy dengan antusiasme yang tinggi. Penyuluhan diadakan di Balai Desa Kelurahan Keputran, Jalan Doho 20 Surabaya, pada hari Jumat (25/10).
Kawasan tersebut merupakan kawasan dengan tingkat ekonomi dan pendidikan yang rendah sehingga besar kemungkinan warga di sana masih kurang memahami bahaya kanker payudara. Dalam kegiatan CSR ini, XL mengharapkan agar masyarakat dapat mencegah mau pun mendekteksi penyakit kanker payudara ini sejak dini. (*/adv)