HERE Maps Kini Berjalan di Asha 501

LENGKAP: Nokia Asha 501 makin lengkap dengan hadirnya HERE Maps dan Whats App yang bisa diunduh di Nokia Store.

MALANG – Meski hadir dengan operating sistem MeGoo, bukan berarti Asha 501 tidak bisa diandalkan. Sebaliknya, ponsel besutan Nokia ini sangat membantu dan memudahkan para penggunanya. Itu lantaran ponsel berdimensi 99.2 x 58 x 12.1 mm ini sangat kaya fitur dan aplikasi, serta teknologi yang diusung juga sangat mumpuni.
Terlebih sekarang, Nokia juga telah meng-update aplikasi  terbaru pada ponsel seberat 98.2 gram ini. Yaitu HERE Maps. Aplikasi yang dulu bernama Nokia Maps dan biasanya ditanam pada seri Lumia ini bisa secara bebas diakses melalui ponsel seharga Rp 900 ribuan ini.
“Ada aplikasi baru, yaitu HERE Maps. Aplikasi ini hadir  pada kwartal ke dua tahun ini. Fitur HERE Maps bisa diambil melalui Nokia Store,’’ kata Customer Service Global Teleshop, Mall MX, Putri Nias Dwi Kendalsari kepada Malang Post kemarin.
Gadis yang kerap disapa dengan nama Tyas ini menjelaskan, aplikasi HERE Maps yang tertanam pada Asha 501 ini juga terdapat pada seri Lumia yang notabene merupakan ponsel berbasis windows phone.
Aplikasi ini hadir dengan sejumlah fitur handal. Contohnya navigasi turn by turn dengan panduan suara, menemukan tempat menarik menggunakan City Lens dan lainnya. Dan yang paling menarik, fitur ini bisa diakses secara offline.
Bahkan, pihak Nokia sendiri mengklaim HERE Maps ini merupakan layanan lokasi  berbasis cloud pertama yang yang memberikan map terbaik untuk menjelajah, menemukan, serta berbagi lokasi. “HERE Maps canggih. Canggih karena menawarkan fungsionalitas offline maps secara penuh, rendering peta client-side yang cepat (50 fps) dan hanya membutuhkan 10 persen dari bandwidth,’’ tambahnya, sembari menjelaskan HERE Maps merupakan inti dari semua layanan lokasi dari Nokia.
Aplikasi ini memiliki data peta lebih dari 190 negara dalam 50 bahasa dan navigasi di lebih dari 110 negara. Tampilan antar mukanya tak beda jauh dengan layanan peta lain, dengan menu-menu yang dibuat khas Windows Phone. Antar muka 3D-nya juga semakin bagus memperlihatkan bentuk gedung seperti aslinya.
“Aplikasi ini tersedia di Nokia Store, file aplikasi ini cukup besar, yaitu 190 MB,’’ ucap Tyas.
Selain aplikasi HERE Maps, ponsel yang dikenalkan sejak Agustus lalu ini juga elegan. Itu karena ponsel ini hadir dengan cover yang dapat diganti-ganti. Menurut Promotor Nokia Wahyu Wibisono, ada 6 pilihan warna untuk cover Nokia Asha 501. Yaitu merah, hijau, biru, kuning, putih dan hitam.
“Tunjukkan kepribadianmu melalui cover yang dapat diganti-ganti,’’ tambah Wahyu. Namun begitu, cover untuk Nokia Asha 501 ini tidak tersedia pada paket pembelian, sebaliknya cover ini dijual terpisah.
Salah satu fitur yang membuat ponsel ini banyak diminati adalah kemampuannya mengakses beberapa aplikasi media social. Tidak hanya Facebook, Twitter, namun pengguna juga bisa bebas mengakses WhatsApp, eBuddy, Line, Linkedln, WeChat, 21 Cineplex, dan beberapa game menarik, seperti Power Pop, Beyond The Well, Keto Adventure, Asphalt 6, Real Football 2013, Bubble Bash 3, Assasin’s Creed 3 dan Little Big City.
“WhatsApp baru hadir pada kwartal ke empat tahun 2013 ini. Adanya aplikasi ini, akan membuat pengguna kian gaul dan kian gaya,’’ urai Wahyu.
Fasilitas-fasilitas fungsional tersebut juga ditambah dengan gratis Data Plan dari Telkomsel untuk setiap pembelian Asha 501.
Dalam Data Plan tersebut, ada kuota data 500 MB, 60 menit ke bicara dan 60 SMS gratis. Dan dalam paket data plan ini, pihak Telkomsel yang membundling produk Nokia Asha 501 ini akan mendapatkan gratis mengakses media social Facebook selama 1 bulan.
“Untuk mendapatkan aplikasi gratis tersebut  pengguna bisa melakukan aktivasi dengan mengetik ASHA30 kirim ke 3636,’’ kata promotor Telkomsel Aghis Satria.
Pria yang bertugas di both Telkomsel Matos ini juga mengatakan paket Asha Data Plan ini bisa didapatkan dari semua jenis kartu perdana SimPATI. Untuk mengaksesnya, pengguna tidak perlu repot, yaitu hanya perlu menekan *303*1#.
“Paket  Data Plan ini tersedia mulai dari Rp 1.500 per hari, Rp 5.000  per minggu, Rp 20 ribu per bulan dan paket Rp 50 ribu untuk tiga bulan. Sangat terjangkau, dan akses internet yang cepat,’’ tambahnya.
Bahkan Aghis memastikan akses internet melalui Asha 501 ini tiga kali lebih cepat. Itu karena ponsel Nokia Asha 501 ini dilengkapi dengan teknologi browsing cloud-accelerated yang akan memudahkan pengguna untuk mencari dan memilih lebih dari 10 ribu aplikasi web yang tersedia untuk diunduh. (vik/fia)