Kacamata pintar Google

GOOGLE Glass alias kacamata pintar Google baru akan dijual secara luas pada 2014. Namun Google sudah punya rencana lain, yakni menghadirkan versi murah dari kacamata pintarnya tersebut.
Bocoran ini berasal dari sumber yang dekat dengan Google. Sayangnya tidak disebutkan berapa kisaran harga versi murah dan perkiraan waktu perilisannya untuk pasar luas.
Sebagai gambaran, Google Glass yang dijual ke para developer awal tahun ini berada di kisaran USD 1.500. Namun saat dipasarkan untuk umum nanti banderolnya dikabarkan menurun hingga USD 299 atau di kisaran Rp 3 jutaan saja. Harga Google Glass versi murah kemungkinan berada di bawahnya.
Melibatkan para pengguna pemula yang ikut menguji coba produk, lalu merilisnya secara bertahap, adalah strategi yang akrab digunakan Google. Strategi ini juga yang diterapkan Google untuk Google Glass.
Seperti dilansir AFP, Selasa (29/10), sekitar 10 ribu pemilik Google Glass pemula yang ikut menguji perangkat ini, diperbolehkan mengundang hingga tiga orang untuk membeli Google Glass.
Para pengguna Google Glass pertama, umumnya terdiri dari para developer, programmer dan pemenang kontes online Google Glass yang diadakan Google awal tahun ini.
Dengan kemampuan rekam foto dan video, dibekali memori internal sampai mengakses internet, kacamata ini memang canggih. Dan karena digunakan seperti layaknya kacamata biasa, mungkin tidak banyak yang tahu kecanggihannya.
Kontroversi pun mewarnai kemunculan Google Glass, dan berbagai prediksi berkaitan dengan privasi pun mengemuka. Wearable gadget ini antara lain bisa disalahgunakan untuk memata-matai orang dan melanggar privasi.(dtc/fia)