Berbagi File Lebih Mudah dengan Airdrop

MALANG – Beberapa waktu lalu Apple telah melauncing operating sistem terbarunya, yaitu iOS 7. Operating sistem tersebut tidak hanya merubah tampilan ponsel, tapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Salah satu fitur tersebut adalah AirDrop. Fitur baru ini  hadir untuk memudahkan banyak hal, terutama sharing data, baik foto, video, kontak dan lainnya.
“AirDrop merupakan fitur file sharing dengan fungsi penemu yang mengijinkan penggunanya, Mac untuk membagi file dengan pengguna AirDrop lainnya, tanpa perlu sebuah jaringan Wi-Fi atau media penyimpanan,’’ kata Customer Service Golab AAR Mall Olympic Garden, Yuliati kepada Malang Post kemarin.
Layaknya Bluetooth, AirDrop bekerja sangat instan dan cepat. Pengguna tidak memerlukan pairing yang sangat merepotkan, atau password untuk bisa tersinkron dengan pengguna Air Drop lain. Tapi pengguna hanya perlu mengaktifkan saja fitur tersebut, kemudian mengirimkan file kapada pengguna AirDrop lainnya.
“Saat ini, berbagi foto, video dan segala sesuatu yang lain dengan teman-teman memang sangat biasa, dan berbagi foto menggunakan Bluetooth sedikit membosankan. AirDrop inilah jawabannya. Fitur ini dirancang untuk iPhone dan iPad guna memudahkan segalanya,’’ urai wanita berambut panjang ini.
Namun begitu, Yulia juga mengatakan, tidak semua produk Apple bisa mengadopsi fitur tersebut. Itu karena AirDrop ini hanya bekerja bekerja pada iPhone 5, iPad Mini, iPad 4, iPod touch generasi ke-5 dan di atasnya.
“Fitur ini sendiri kali pertama muncul di OS X Lion. Yaitu AirDrop mengijinkan pengguna Mac untuk membagi file dengan pengguna Mac lain tanpa perlu sebuah jaringan Wi-Fi atau media penyimpanan.
AirDrop untuk iOS diperkirakan akan bekerja dengan cara yang sama sehingga para pengguna iPhone bisa membagi file satu sama lain,’’ tandas Yulia yang mengatakan fungsionalitas AirDrop akan diintegrasikan ke dalam menu share standar iOS.
AirDrop akan bekerja di antara dua peralatan iOS dan secara potensial antara peralatan iOS dengan Mac. Fitur ini diharapkan mampu menampilkan perubahan desain besar-besaran dan integrasi dengan jejaring sosial yang lebih baik termasuk dukungan terhadap Flickr dan Vimeo.(vik/fia)