Adapter Praktis untuk Android

MALANG – Sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah USB On The Go atau biasa disebut dengan USB OTG adapter. Padahal perangkat ini memiliki fungsi yang penting, karena mampu menghubungkan tablet dengan beragam perangkat lain. Marketing Data Com, Sawojajar Edwin Elsyasa menjelaskan, dengan adapter USB OTG, pengguna tablet bisa menghubungkan beragam aksesoris ke smartphone atau tablet Android.
Sebut saja, keyboard, USB hard drives bahkan gaming controller bisa dikoneksikan ke perangkat Android sehingga pengguna bisa melakukan lebih banyak hal dengan Android device.
“USB OTG pada dasarnya adalah sebuah USB port yang bisa dihubungkan dengan USB port pada sebuah smartphone atau tablet. Dengan cara itu pengguna akan bisa mengkoneksikan Android device ke USB standar 2.0 atau 3.0,’’ kata Edwin.
Sekalipun tidak disebutkan secara detail devices android yang kompatibel dengan adapter ini, tapi yang jelas Android buatan Samsung menjadi produk yang paling banyak bisa dihubungkan dengan USB OTG ini.
“Kali pertama yang mengenalkan USB OTG ini adalah Samsung, itu sebabnya, semua tablet dan beberapa smartphone Samsung kompatibel dengan USB OTG ini,’’ kata Edwin, sembari mengatakan dengan adanya perangkat ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan transfer berbagai data, mulai foto, musik, dan lainnya.(vik/fia)