Bikin Sendiri Karikaturmu

MALANG – Mo Man Xiang Ji merupakan aplikasi buatan perusahaan asal Cina yang saat ini sedang booming. Aplikasi yang menampilkan karikatur dari wajah seseorang ini cukup banyak digunakan. Bahkan, salah satu media online menyebutkan aplikasi ini masuk pada posisi teratas untuk top free download di Android Play Store.
Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memotret wajah kemudian kemudian menyesuaikan dengan gambar kartun atau karikatur yang tersedia. “Foto bisa diambil langsung dari kamera, atau juga diambil dari gallery,’’ kata Angelina Jeany pengguna aplikasi ini.
Bukan hanya bisa menampilkan gambar yang menarik, aplikasi ini juga bisa didapat pengguna secara mudah dan gratis. Pengguna android dapat mengambil aplikasi ini melalui Google Play Store, sedangkan pengguna iPhone atau iPad bisa mendapatkan aplikasi ini melalui Apps Store.
“Ukuran filenya 18 MB. Dan di dalam aplikasi ini tersedia hingga 150 kartun yang bisa dipilih oleh pengguna,’’ tambah Jeany. Dan yang membuat aplikasi ini kian banyak diminati, karena bisa didownload melalui OS Android versi 2.3 dan di atasnya.
Sekalipun aplikasi ini banyak menampilkan teks dalam bahasa Cina yang sulit dimengerti, tapi faktanya, aplikasi ini banyak digunakan. Jeany pun menjelaskan secara detail penggunaan aplikasi tersebut.
Pertama, pengguna lebih dulu memilih foto, kemudian mengatur posisinya, atau letak kedua mata dan bibir di layar. Namun, beberapa foto wajah bisa langsung terdeteksi letak kedua mata dan bibir secara otomatis.
Setelah itu foto wajah disesuaikan dengan kartun yang dipilih. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengedit gambar untuk menambahkan aksesoris seperti kacamata, janggut (untuk laki-laki), alis serta gaya rambut. Pengguna juga bisa memberikan tambahan goresan garis atau tulisan secara manual pada gambar dan memilih warna latar belakang (kanvas putih atau warna agak kecokelatan).
“Setelah proses editing selesai, pengguna bisa langsung menyimpan karikatur tersebut, dan pengguna juga bisa mengeshare gambar kepada teman,’’ tambah Jeany.
Foto dari aplikasi ini sekarang banyak digunakan pada profil picture aplikasi BlackBerry Messenger, dan beberapa aplikasi chatting lainnya.(vik/fia)