Facebook Segera Tambah Star Rating

SELAIN memperbarui tombol Like dan Share, Facebook kabarnya akan menambahkan fitur Star Rating atau penilaian pada versi resmi situsnya. Dari hasil screenshot pada situs TechCrhunc, fitur Star Rating itu akan muncul pada bagian atas laman. Pemberian nilai Rating berbentuk bintang dari skala nol sampai lima. Fitur Rating tersebut akan berlaku pada laman grup, bisnis, lokasi, atau akun tertentu.
"Kami menambahkan fitur Star Rating pada Facebook di perangkat mobile dan desktop untuk mempermudah pengguna mengetahui laman bisnis dan grup yang bagus di sekitar mereka. Ini akan bermanfaat untuk pemilik bisnis dan konsumen, " kata juru bicara Facebook.
Sebelum meluncurkan fitur ini, Facebook melakukan uji coba pada beberapa laman grup. Perusahaan mengumpulkan data untuk Star Rating berdasarkan komentar pengguna dari desktop dan dengan menggunakan aplikasi yang dipasang pada timeline.
Sebenarnya, Facebook sudah memiliki tombol Like yang bisa digunakan pengguna untuk menilai suatu komentar, foto, atau laman sebuah grup. Akan tetapi, menurut perusahaan, tombol Like ini masih sangat ambigu.
Banyak yang menganggap Like hanya sebagai tanda suka. Padahal, banyak pengguna memberikan Like sebagai ungkapan simpati, solidaritas, dukungan, atau bahkan simbol tak suka. Dengan fitur Star Rating ini, Facebook berharap pengguna akan lebih mudah menilai dan mencerna informasi suatu laman.
Facebook juga menganggap cukup mudah bagi pengguna untuk memberikan Like pada suatu laman. Namun, untuk memberikan penilaian, pengguna pasti akan lebih obyektif dan mempertimbangkan dulu berapa nilai yang pantas diberikan.
Sejauh ini, belum jelas kapan fitur itu akan diluncurkan atau apakah Star Rating ini fitur pilihan atau wajib digunakan. Namun, jika sudah diluncurkan, dengan fitur itu Facebook berharap mampu bersaing dengan Foursquares, Angie's List, dan jejaring sosial lain yang sudah memiliki fitur serupa.(tmp/fia)