EOS 70D Mampu Terintegrasi dengan Smartphone

MALANG – Beberapa waktu lalu Canon mengenalkan kamera DSLR terbarunya, yakni EOS 70D. Produk baru yang didatangkan oleh PT Datascrip, sebagai distributor   Indonesia ini jelas banyak memiliki keunggulan. Salah satunya adalah, adanya sambungan WiFi. Sambungan WiFi yang ditanam akan memberikan kemudahan pengguna untuk share hasil bidikan.
“Sebetulnya ada dua versi, yaitu yang dilengkapi dengan sambungan WiFi dan yang tidak memiliki sambungan WiFi. Tapi yang jelas, baik yang menggunakan WiFi maupun yang tidak, sama-sama disokong dengan teknologi mutakhir dari Canon,’’ terang Marketing Photo Pantai Jalan KH Agus Salim, Nurul Hidayati kepada Malang Post kemarin.
Selain dukungan sambungan WiFi, kamera ini juga dilengkapi dengan layar putar 3 inci. Layaknya Canon EOS 60D layar putar  EOS 70D ini kapabilitas touchscreen. Kamera ini juga dibekali dengan sensor fokus baru yaitu tipe Dual Pixel CMOS AF. Sensor ini bisa mengambil gambar beruntun dengan kecepatan 7 frame foto per detik di resolusi tertingginya (20,2 megapiksel). Tentu saja dengan bantuan prosesor gambar Digic 5+ dan 19 titik fokus jenis cross type.
Pembaharuan lain ada pada Sistem AF phase detect. AF Phase Canon EOS 70D ini mengusung sensor dengan 19 titik-fokus. Dengan sistem tersebut memungkinkan titik AF dipilih satu per satu, dalam sebuah grup kecil, atau secara otomatis. Sedangkan jendela bidik EOS 70D memiliki magnifikasi 0,95x dan cakupan 98 persen dari bidang gambar.
“Sensor yang tertanam memberi kemampuan EOS 70D melakukan continuous autofocus ketika merekam video dengan cepat dan mulus,’’ tambah Nurul sembari mengatakan, untuk pergantian fokus dilakukan dengan menyentuh area berbeda pada LCD.
Bukan itu saja, Nurul juga mengatakan, EOS 70D juga membawa berbagai fitur baru yang ditujukan untuk aplikasi fotografi, salah satunya tingkat sensitivitas ISO 100-12800, akan mampu membidik objek dengan hasil yang luar biasa.
“Paling menarik adalah, semua mode pada kamera ini bisa dikendalikan lewat perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet,’’ urai Nurul.
Nama aplikasi tersebut adalah EOS Remote App. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mentransfer foto hasil jepretan ke perangkat iOS atau android, termasuk mengendalikan fitur kamera, misalnya melihat komposisi gambar, mengatur titik fokus, dan mengaktifkan shutter.
 “Hampir semua teknologi di dalamnya sudah baru. Ini yang membuat EOS 70D laris di pasaran. Kamera ini dijual dengan harga Rp 12.5 juta untuk yang tidak dilengkapi WiFi dan Rp 13.5 Juta untuk kamera yang dilengkapi dengan WiFi,’’ tandas Nurul sembari mengatakan perangkat ini dijual lengkap dengan lensa kit, yaitu EF-S 18-55. (vik/fia)