Android Kuasai Pasar Smartphone Dunia

LEMBAGA riset pasar IDC melaporkan, Android terus melanjutkan dominasinya di pasar smartphone pada kuartal ketiga 2013. Persentase pengiriman smartphone Android tersebut dilaporkan IDC mencapai 81 persen. Besarnya pangsa pasar Android disebabkan oleh banyaknya perangkat robot hijau yang harganya terjangkau.
Namun, yang sedikit mengejutkan, terdapat peningkatan jumlah pengiriman yang cukup besar untuk smartphone Windows Phone. Hingga kuartal III 2013, pengiriman Windows Phone mencapai 3,6 persen dari seluruh smartphone di dunia. Angka ini meningkat 156 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Sementara itu, pengiriman smartphone BlackBerry dilaporkan IDC terus mengalami penurunan. Pengirimannya turun 40 persen dibanding tahun lalu. Market share smartphone BlackBerry juga otomatis berkurang dari 4,1 persen pada kuartal III 2012 menjadi hanya 1,7 persen pada kuartal III 2013.
Apple dengan iOS-nya membukukan rapor yang baik karena pengirimannya meningkat 25,6 persen dibanding tahun 2012. Walau masih menjadi platform mobile terbesar kedua di dunia, ternyata jumlah smartphone yang dikapalkan Apple mengalami penurunan, dari 14,4 persen pada 2012 menjadi 12,9 persen pada 2013.
Dikutip dari IDC, analis Ryan Reith mengatakan bahwa penurunan market share Apple di kuartal III tahun ini disebabkan tidak adanya perangkat smartphone Apple dengan layar yang lebih lebar.
Secara keseluruhan, jumlah smartphone yang dipasarkan hingga kuartal III tahun ini diperkirakan IDC akan meningkat 40 persen dibanding tahun lalu, dari 187 juta unit menjadi 261 juta unit.(kps/fia)