BBM Jadi Magnet Penjualan

MALANG – Masuknya aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) di platform Android dan iPhone, betul-betul dimanfaatkan para vendor, baik lokal maupun global untuk memasarkan produknya. Pihak vendor tidak segan-segan memasang tanda pada produknya, yang kompatibel dengan BBM. Bahkan, beberapa vendor pun menyediakan langsung aplikasi tersebut di dalam ponsel yang siap digunakan. Sehingga pengguna pun tidak perlu lagi melakukan download aplikasi besuta RIM tersebut.  
Sebut saja Samsung, perusahaan asal Korea Selatan ini memasang tanda produknya telah kompatibel dengan BBM. Tanda tersebut dipasang disetiap demo live yang tersedia di toko-toko. Bahkan, tidak sedikit promotor Samsung yang menawarkan dengan menyebut bawa produknya sudah bisa BBM-an, selain menyebutkan sejumlah aplikasi andalan pada produknya.
“Galaxy Mega Ini sudah bisa BBM-an, karena operating sitemnya (OS) sudah 4.2 Jelly Bean,’’ tawar salah satu operator kepada pengunjung yang datang.
Selain Samsung, LG pun demikian. Pihak penjual menempelkan tanda jika produk yang dijualnya sudah bisa BBM-an. “Speknya sudah mumpuni, layarnya juga sudah IPS. Dan bisa BBM,’’ kata Promotor LG menawarkan kepada pengunjung yang mampir di gerainya.
Sementara vendor lokal lebih nekat, agar ponsel yang diciptakannya laku dan laris, mereka langsung menyediakan aplikasi BBM di dalam ponselnya. Artinya dengan adanya aplikasi ini, pengguna tidak perlu lagi mendownload.
Sebut saja Mito Fantasy, ponsel ini sudah dilengkapi dengan aplikasi BBM selain beberapa aplikasi android lainnya. Dan adanya aplikasi ini, Mito Fantasy pun cukup laris. Termasuk ponsel berbasi CDMA seperti Andromax T dari Smartfren dan MaxTaouch dari Esia juga membubuhkan aplikasi ini pada ponselnya.
Selain Mito, Evercoss melalui produknya A7S juga demikian. Mereka sudah menyediakan aplikasi tersebut pada ponsel. Dan upaya tersebut betul-betul memikat. Tidak hanya produk ponsel, tablet pun demikian. Seperti Lenovo A1000 dan A3000, ditawarkan penjual kepada konsumen dengan embel-embel produk tersebut sudah compatible dengan BBM.
“Kami menyebutkan ponsel yang ditunjuk calon pembeli telah kompatibel BBM karena ditanya lebih dulu oleh calon pembeli,’’ kata Customer Service Global Teleshop, Silvy Novita Sari.  Wanita berambut panjang ini mengakui, bahwa aplikasi BBM tersebut berdampak sangat positif pada penjualan ponsel android, terutama android seri 4.0 Ice Cream Sandwich ke atas. “Infonya BBM juga bisa digunakan melalui Android 2.3 ginger bread. Tapi kami belum yakin, apalagi salah satu situs online menyebutkan BBM di Android 2.3 bukanlah versi yang resmi, sehingga sering terjadi trouble,’’ tandasnya.
Memang sejak dikenalkan masuk pada platform Android dan iPhone aplikasi BBM langsung melejit. Bahkan, saking populernya,  aplikasi ini beberapa minggu berada di urutan atas aplikasi yang didownload melalui masing-masing platform. Salah satu alasan aplikasi ini favorit, karena munculnya hurup D dan R dalam pengiriman pesan singkat. Dua huruf tersebut dinilai membuat aktivitas chatting menjadi lebih mudah dan nyaman.(vik/fia)