XL Gelar Development Class untuk Pemuda

MALANG POST - Seorang pemimpin adalah pribadi yang sangat menentukan bagi suatu kelompok. Karena sukses tidaknya sebuah kelompok bergantung pada pemimpinnya. Sifat kepemimpinan harus dimiliki oleh setiap pribadi/individu sejak dini dan pemuda merupakan usia dini untuk dididik sebagai pemimpin, baik untuk lingkungan sekitar atau dirinya sendiri. PT XL Axiata, Tbk (XL) bekerjasama dengan Indonesian Leaders of Change (ILoC) sebuah komunitas yang bergerak di bidang pengembangan pemuda (youth development) mengadakan Development Class untuk mencetak generas-generasi muda yang berkualitas.

“Dengan membentuk jiwa pemimpin sejak dini, akan memudahkan sesorang dalam bersosialisasi, berkomunikasi dan berhubungan dengan lingkungan sekitar. Sehingga akan lebih dikenal diantara orang-orang sekitar. Ini adalah salah satu ciri seorang pemimpin,” jelas Corporate Communication XL East Region, Putro Pamungkas.
Pemuda adalah orang yang berada dalam kelompok usia kisaran 15-24 tahun. Development Class memfokuskan kepada pembentukan skill kepemimpinan di dalam pribadi pemuda yaitu 50 siswa-siswi SMA di Surabaya.
Program Development Class ini memiliki konsep yang sama dengan program CSR pelatihan kepemimpinan yang sedang diadakan oleh XL, yaitu XL Future Leaders. Untuk bisa menanamkan jiwa kepemimpinan di dalam 50 anak muda ini, telah dipersiapkan 4 kali pertemuan dalam kurun waktu 1 bulan. Di dalam setiap kelas ini, para pelajar akan dibekali berbagai materi dan juga praktek kepemimpinan.
Program yang dimulai tanggal 9 Nopember 2013 merupakan program Development Class Batch-1 yang memiliki misi untuk membentuk pemimpin-pemimpin muda yang berkualitas yang pada akhirnya dapat memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, acara ini tidak melulu mengenai teori saja, namun juga kemampuan untuk menerapkan teori yang didapat dalam kehidupan sehari-hari.
Pada hari Sabtu (9/11/2013) di gedung SNB-XL Rungkut Surabaya, para calon pemimpin muda ini mendapatkan pelajaran pertama mereka. Mereka diajari untuk menelaah ke dalam diri mereka dan menemukan setiap kemampuan yang mereka miliki.
Di samping itu, mereka juga mempelajari mengenai kemampuan intra dan interpersonal. Kedua hal ini merupakan hal dasar yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin. Mereka harus dapat mengenali diri mereka sendiri untuk dapat kemudian memimpin orang lain.
Pertemuan pertama tersebut merupakan langkah awal untuk menjadi pemimpin yang berkualitas. XL dan ILoC masih mempersiapkan banyak hal bagi para anak muda ini agar mereka dapat terus mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka.(fia)