Flickr Umumkan Layanan Photo Book

Situs Foto
JAKARTA- Di era digital, menikmati hasil jepretan sendiri yang diupload di situs-situs berbagi foto, sudah hal yang umum. Namun, ada saja sejumlah orang yang masih ingin mengabadikan foto-fotonya dalam bentuk buku, atau istilahnya photo book. Membidik mereka yang ingin melakukan hal tersebut, Flickr baru saja mengumumkan bahwa pihaknya menyediakan layanan pembuatan buku yang berisi kumpulan foto penggunanya.
Ya, situs yang lebih dikenal sebagai layanan photo sharing itu memungkinkan pengguna untuk memilih foto-foto yang telah mereka upload di Flickr, kemudian dibuat buku fisik. Semua langkah tersebut bisa dilakukan langsung di situs Flickr. Mereka menghilangkan sejumlah hambatan yang kerap dijumpai dalam proses pembuatan buku semacam itu, misalnya bagaimana membuat ukuran foto pas di halaman dan tidak 'termakan' gutter.
Untuk itu, situs milik Yahoo tersebut memakai algoritma baru dan teknologi face detection untuk melakukan cropping dalam porsi yang pas. Salah satu manfaatnya adalah, wajah yang ada di foto tidak terlaku dekat dengan gutter ataupun tepi buku. Flickr memang sudah beberapa lama ini berjuang keras membuat layanannya menarik minat pengguna lagi di tengah kompetisi yang datang dari banyak pihak, dari mulai Facebook, Google+, 5000px dan lain-lain.
"Kami bekerja keras untuk membuat Flickr luar biasa lagi," tukas Vice President Flickr Tom Hughes seperti dikutip dari TechCrunch, kemarin. Untuk melakukannya, Anda tinggal menuju set Flickr dan mengklik box 'Generate'. Buku tersebut akan memiliki ukuran 8.5 x 11 inch dan dibanderol USD 34,95 untuk 20 halaman dengan kertas glossy. Sampulnya sendiri dibuat dibuat hard cover. (dk/mar)