Sukses Bisnis dengan E=MC5

MALANG – Semua orang bisa menjadi seorang entrepreneur, begitulah yang dikatakan oleh Kukuh Indra P, saat mengisi work shop pertemuan entrepreneur se-Indonesia, di Dome UMM  kemarin (23/11).
Dihadapan para peserta, Direktur Young Entrepreneur Academy (YEA) ini memotivasi peserta untuk tidak berbisnis. Karena salah satu kunci keberhasilan seorang entrepreneur adalah berani membuat keputusan. Ada lima yang perlu diperhatikan untuk menjadi entrepreneur. Pertama adalah courage atau keberanian mengambil sebuah keputusan.
“Pertama harus berani, begitu melihat ada peluang usaha, jangan banyak dipikirkan, tapi harus berani bertindak, mengambil itu atau meninggalkan peluang tersebut,’’ katanya.
Kedua adalah credibility atau kepercayaan. Dalam dunia usaha kepercayaan sangat penting, dan kepercayaan itu yang akan membawa usaha kita ini maju atau mundur. Selain  courage dan credibility, tiga faktor lain menjadi entrepreneur sejati adalah creativity, connectivity, dan terakhir adalah consistency.
“Lima faktor ini berhubungan satu sama lain. seorang pengusaha harus kreatif dalam berfikir, selanjutnya memiliki link, dan konsisten serta berkesinambungan,’’ katanya.
Adanya lima faktor dalam kesuksesan mengolah bisnis diibaratkan dalam rumus E=MC5. E yang dimaksud adalah entrepreneur. Sedangkan M nya adalah Mastery dan 5 C nya adalah lima faktor tersebut.
“Kelimanya harus seiring sejalan, karena jika satu tidak dilakukan semuanya akan berantakan,’’ tambahnya, sembari terus mengeluarkan berbagai motivasi kepada peserta.
Sementara pertemuan entrepreneur se-Indonesia ini kemarin diselenggarakan oleh PT XL Axiata (XL). Hadir langsung dalam kegiatan tersebut adalah Putro Pamungkas, Corporate Communication XL East Region. Kepada Malang Post, Putro mengatakan kegiatan yang digelar selama dua hari ini merupakan realisasi dari salah satu program XL. Yaitu XL  Feature. Dalam program yang dikenalkan sejak setahun silam ini, pihak XL mengumpulkan para calon entrepreneur, untuk kemudian dididik, menjadi entrepreneur sejati.
“XL Feature ini kami buka sejak tahun 2012. Tahun pertama dari region Jawa Timur kami memilih 120 peserta untuk kemudian mendapatkan soft skill, menjadi entrepreneur. Dan kami bersyukur, program ini berjalan, dan sekarang kami membuka kelas ke dua,’’ kata pria ini.
Pertemuan Enterprenur Se Indonesia ini diadakan secara umum, artinya tidak ada batasan, siapapun bisa menjadi peserta. Tujuannya adalah menciptakan seseorang menjadi entrepreneur sejati.
“Ada 1000 peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, mereka dari seluruh Indonesia. Tujuannya, yaitu memberikan motivasi, untuk menjadi entrepreneur sejati,’’ kata Putro ditemui Malang Post disela-sela kegiatan.
Putro yang kemarin juga ikut sebagai peserta ini mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memberikan pengalaman baru kepada masyarakat. Dan kedua adalah memberikan sebuah kepercayaan diri kepada masyarakat untuk membuka peluang usaha.
“Tujuan utamannya adalah memberikan motivasi kepada peserta agar berani membuat peluang usaha,’’ tandasnya, sembari mengatakan usaha yang dikelola akan maju pesat saat dikerjakan dengan niat dan tekad.(vik/fia)