Lemari Es Sharp Kembali Raih ICSA 2013

MALANG POST  – Sepanjang tahun 2013, PT Sharp Electronics Indonesia telah berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi tanah air seperti Top Brand Award, Contact Center Service Excellence Award, iDea Rumah Award Indonesia, Brand Champion, Indonesia Best Brand Award dan masih banyak lagi. Kali ini, Sharp kembali mendulang prestasi dengan meraih The 15th Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2013 untuk produk Lemari Es.
“Kami sangat berterima kasih atas dukungan konsumen sehingga kami kembali meraih ICSA 2013. Penghargaan ini telah kami raih sejak tahun 2002 yang membuktikan bahwa Sharp secara konsisten berhasil memuaskan pelanggan setianya. Selanjutnya Sharp akan terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan meningkatkan kualitas layanan purna jual, sehingga Sharp bisa meraih ICSA di tahun 2014 mendatang.” ungkap Fumihiro Irie, President Director PT Sharp Electronics Indonesia
Saat ini konsumen dapat menikmati berbagai rangkaian produk lemari es Sharp yang terdiri atas berbagai tipe yakni lemari es satu pintu, dua pintu, enam pintu, side-by-side, dual swing door bahkan produk freezer, showcase dan chest freezer. Produk ini tentunya memiliki keunggulan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen seperti misalnya fitur plasmacluster, extra big freezer, LED lamp, ice pack, glass tray, dan lain-lain. Selain itu rahasia utama keunggulan produk lemari es Sharp terletak pada teknologi pendingin yang dibenamkan pada masing-masing produk, teknologi ini memberikan konsumen pengalaman baru menikmati fungsi pendingin yang nyata dari sebuah lemari es dengan konsumsi listrik yang rendah. Beberapa produk unggulan yang sangat diminati konsumen adalah Vetro and Papillon Series, New Samurai, Lemon Series, Crystal Series, Batique Series dan masih banyak lagi pilihan produk favorit lainnya.
“Market Share Sharp untuk produk lemari es adalah sebesar 34.7 persen, angka ini meningkat dibandingkan tahun lalu yakni 32.5 persen. Seiring dengan penambahan kapasitas produksi di pabrik barunya yang mengusung konsep ‘Kualitas Takumi’, kami optimis mampu meningkatkan market share kami, terlebih kami menawarkan beragam tipe dan model unggulan yang teknologi dan fiturnya hanya dimiliki oleh Sharp.” Ungkap Andrew Gultom, Product Manager Refrigerator PT Sharp Electronics Indonesia.
ICSA adalah Penghargaan bergengsi tahunan bagi merek-merek yang paling memuaskan pelanggan ini diselenggarakan oleh Majalah SwaSembada, salah satu majalah ekonomi paling terpercaya di Indonesia, bekerjasama dengan Frontier, salah satu konsultan pemasaran dan riset terkemuka di Indonesia. Pemenang ICSA diukur melalui survey Indonesian Customer Satisfaction Index (ICSI) 2012 yang dilakukan di 6 kota besar Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar. Metode survey yang dipakai adalah multistage and purposive random sampling serta face to face interview terhadap kurang lebih 100 kategori produk. Survey berlangsung pada periode Agustus - September  2012 dan melibatkan 7.500 responden.
Terdapat empat parameter utama yang diukur yakni Parameter pertama, Quality Satisfaction Score (QSS) untuk melihat tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk/layanan. Kedua, Value Satisfaction Score (VSS) untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap harga yang mereka bayar. Yang ketiga, Perceived Best Score (PBS) untuk menilai keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan adalah merek yang terbaik dalam hal kepuasan konsumen. Parameter keempat atau yang terakhir Expectation Score (ES) digunakan untuk pengukuran terhadap harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan di masa yang akan datang.(fia)