Indiso Batu Diresmikan

MALANG – Jika tidak ada aral melintang, Batu Digital Society akan dilaunching hari ini (26/11). Bertempat di Pemkot Batu, salah satu program Mahakarya PT Telekom Indonesia untuk Indonesia ini akan dilaunching langsung oleh walikota Batu.
General Manager Witel Jatim Selatan (Malang) Edwin Aristiawan menjelaskan, Batu merupakan kota ke dua setelah Kota Malang untuk program Indonesia Digital Society (Indiso). “Sebagai wujud kami sudah menyiapkan 1425 access point (AP) WiFi Id untuk program ini. AP ini akan terus ditambah,’’ kata Edwin yang mengatakan pihaknya akan berencana menambah 62 AP lagi hingga akhir bulan mendatang.
Terkait dengan tujuan adanya Batu Digital Society sendiri, Edwin menjelaskan dengan sangat gamblang. Yaitu sama dengan kota-kota lainnya, yaitu untuk men-digitalkan kota Batu. “Ingin mendigitalkan ini masksudnya adalah, seluruh informasi terkait Kota Batu, mulai dari sektor wisata, pendidikan dan lainnya, bisa dilihat melalui internet. Dan kedua, warga Kota Batu juga diharapkan tidak awam lagi dengan internet, karena akses internet bisa dilakukan dimana saja,’’ tambah pria dengan kepala plontos ini.
Selain itu Edwin juga mengatakan, program Batu Digital Society ini diwujudkan setelah pihaknya melihat Kota Batu sarat potensi. Pertama sisi ekonomi, pertumbuhannya luar biasa pesatnya. Didukung dengan panorama yang begitu indah, wajar saja kalau Kota Batu menjadi tujuan wisata utama, tidak hanya dari dalam negeri, namun juga dari manca negara.
Lantaran itulah, Kota Batu siap untuk berkompetisi tidak hanya dengan kota lainnya di Indonesia, namun juga secara global. “Untuk mempercepat pertumbuhan ekonominya, tentunya Kota Batu membutuhkan teknologi informasi berkecepatan tinggi. Akses teknologi informasi dengan kecepatan tinggi ini, akan mampu menjadi pintu masuk dunia global,’’ tambahnya.
Ia menambahkan, untuk mempercepat masuk ke dunia global, Telkom Indonesia memberikan sebuah persembahan special untuk masyarakat dalam pemanfaatan Teknologi informasi berupa Batu Dital Society. Edwin menegaskan, bahwa pihaknya siap mendukung dan mewujudkan smart city yang merupakan bagian dari Batu Digital Society.
”Smart City dibangun di atas 5 pilar utama Telkom yaitu pilar infrastruktur, pilar pemerintahan, pilar pendidikan, pilar kesehatan, dan pilar ekonomi serta bisnis,’’ urainya.
Tentunya semua itu untuk mendukung implementasi Batu Digital Society guna meningkatkan jenis dan kualitas mutu pelayanan, serta  sumber daya manusia di bidang pemerintahan, kesehatan, pendidikan, perpajakan, pariwisata, industri, perdagangan dan sebagainya dengan tujuan  dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota Malang.
Launching Batu Digital Society sendiri rencananya akan dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD Se Kota Batu, dan direksi PT Telkom Indonesia Witel Jatim Selatan (Malang). (vik/fia)