Sony Xperia C Sasar Kelas Middle

Sony Xperia C merupakan smartphone yang menyasar segmen menengah.

MALANG - Sony kembali mengenalkan produk terbarunya, yaitu Xperia C.  perangkat terbaru ini dikenalkan dalam waktu hampir bersamaan dengan Xperia Z1. Bedanya, jika Xperia Z1 ditujukan untuk segmen atas dengan kamera lensa 21 megapixel (MP), maka Xperia C menyasar segmen menengah.
Secara fisik, ponsel ini tidak berbeda dengan seri Xperia Z. Berdimensi 141.5 x 74.2 x 8.9 mm,  ponsel ini memiliki berat 153 gram. Jika Xperia Z hadir dengan sebagai ponsel single SIM, pada perangkat barunya ini Sony memberikan nilai tambah yaitu dual SIM, satu diantarannya mampu berjalan pada jaringan 3G HSDPA 900/1200.
Untuk tampilan antar muka, Xperia C didukung layar seluas 5 inci. Sasaran segmen menengah membuat Sony tak menanamkan teknologi Bravia Engine pada layar Xperia C. Sebagai gantinya, ponsel ini dibekali layar jenis TFT didukung 16 juta warna. Selain mampu menghadirkan resolusi qHD 540 x 960 piksel, kepadatan warnanya mencapai 220 ppi.
"Layarnya mampu mendeteksi multi sentuhan, sangat kapasitif," kata Promotor Sony, Tri Linda Yuliati kepada Malang Post.
Layar yang handal ini juga didukung dengan mesin yang handal pula. Mengikuti jejak Xperia Z, ponsel ini dilengkapi dengan prosesor quad core dengan clock speed 1.2 GHz. Chipset yang ditanam adalah MTK MT 6589. Untuk kemampuan grafis, Sony mempercayakan PowerVR SGX544, dengan memory RAM 1 GB.
Sayang, untuk memory internal ponsel ini hanya diberi memory 4 GB saja. Tentu memory tersebut kurang, terutama pengguna yang suka download. Lantaran itu, Sony pun menyediakan port micro SD untuk  penyimpanan.
"Memory internal bisa diekspansi hingga 32 GB menggunakan Micro SD, sehingga tidak perlu khawatir jika pengguna ingin memperbanyak aplikasi pada ponselnya," kata Linda.
Mesin yang andal ditambah layar cling ini kian lengkap dengan hadirnya dua kamera. Kamera utama menggunakan lensa beresolusi 8 megapiksel, lengkap dengan kemampuan auto focus dan LED Flash. Sedangkan kamera keduanya menggunakan lensa VGA.
"Beberapa fitur ditanam pada fungsi kamera, yaitu geo tagging, touch focus, face and smile detection dan HDR," tambah Linda.
Untuk koneksi, Sony telah menanamkan beberapa fitur, seperti bluetooth, serta WiFI dan WiFi Direct untuk transfer data cepat. Sayang, Sony tidak melengkapi ponselnya ini dengan teknologi NFC.
"Semua kinerja ponsel didukung dengan baterai berkapasitas 2390 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan hidup hingga 599 jam dalam jaringan 3G dan 14 jam dalam talk time pada jaringan 3G," tandas Linda.(vik/fia)