BlackBerry Bocorkan BBM Channel

UPGRADE: Software BlackBerry Z10 bisa diperbarui menjadi 10.2.. sayangnya, OS terbaru ini kabarnya masih dalam bentuk beta.

MALANG – BlackBerry melakukan pembaruan operasional sistem. Tidak hanya akan memberikan tampilan yang lebih menarik, BlackBerry juga menjanjikan banyak fitur pada OS baru tersebut. Salah satu fitur tambahan tersebut adalah BBM Chanel. Seperti yang diinformasikan BlackBerry pada situs resminya http//id.blackberry.com, BBM Chanel ini ada di BBM 8. BBM Chanel ini akan menghubungkan pengguna pada beragam komunitas, tokoh dan merek yang disukai.
“Dengan BBM Chanel pengguna bisa membuat saluran chatting sendiri. Dengan adanya saluran khusus ini, pengguna juga bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru pilihan dengan pembaharuan instan dari saluran langganan,’’ kata Pemilik Rolland Cell Malang Plaza, Andik Siswanto.
Ia mengatakan, dengan adanya saluran baru ini, pengguna pun kian memiliki privasi. Itu karena dengan BlackBerry Channel, pengguna bisa memilih siapa saja yang ingin dijadikan teman dan masuk pada saluran yang dibuat.
“BBM Channel ini berbeda dengan BBM grup. Di BBM Channel ini pengguna BlackBerry akan lebih kreatif, mereka bisa berkomentar bebas, baik foto, video, maupun status, si pembuat saluran,’’ kata Andik.
Selain itu pembaruan BBM 8, BlackBerry juga melakukan pembaruan pada OS 10 menjadi OS 10.2.1. Meskipun pembaruan OS ini cukup santer, faktanya hingga saat BlackBerry belum mengeluarkan versi originalnya, yang ada BlackBerry mengeluarkan versi beta. Kabar pembaruan ini memang sangat santer terdengar. Terutama para pengguna perangkat BlackBerry 10.
“Dari Oktober lalu yang ada hanya versi Beta saja, versi Originalnya belum. Tunggu dulu,’’ kata Andik.
Sama seperti BBM 8, OS terbaru BlackBerry 10 ini juga lebih menarik dari versi sebelumnya. Bahkan, pada versi ini, juga terdapak Play Store di dalamnya. Seperti diketahui, Play Store merupakan wadah untuk mengunduh aplikasi pada platform Android. Dengan masuknya Play Store di dalam BlackBerry, maka pengguna pun bisa leluasa untuk menginstal berbagai aplikasi android.
“Kalau informasi Play Store yang masuk pada OS BlackBerry 10.2.1 hasil convert, artinya tetap harus ada izin saat kita akan mengunduh aplikasi android. Apakah ponsel kita support atau tidak,’’ katanya. Namun begitu, Andik mengatakan adanya Play Store ini akan banyak ikon serta tema didapatkan pengguna.
Sementara di forum BlackBerry, banyak pengguna BlackBerry yang mempoesting komentar terkait upgrade software tersebut. Rata-rata mereka yang melakukan posting penasaran dengan pembaruan software tersebut. Rasa penasaran itu tak lain karena BlackBerry terus menggembar gemborkan software terbarunya itu.
Ada informasi, upgrade sofware BlackBerry ini dilakukan bersamaan dengan launching produk BlackBerry Z30. Namun begitu, ada informasi lain, pembaruan Software tersebut akan dilakukan setelah ada deal dari operator. “Bisa jadi bareng dengan launching BlackBerry Z30. Itu karena perangkat baru itu sudah menggunakan OS BlackBerry 10.2.1," tandasnya.(vik/fia)