Panasonic Kenalkan Kamera Mirorless Mungil

SOAL ukuran, kamera mirrorless sudah jauh lebih kecil dibandingkan DSLR konvensional, tapi Lumix GM1 dari Panasonic menciutkan dimensi fisik dari jenis kamera "tanpa cermin" tersebut menjadi lebih mungil lagi.
Inilah kamera mirrorless terkecil yang memiliki sensor micro four-thirds di dalamnya. Dilihat sekilas, mungkin orang tak akan mengira di dalam Lumix GM1 tertanam sensor 16 megapixel yang sama dengan milik "kakaknya", Lumix GX7.  
Dengan dimensi 99 x 55 x 30 mm, Lumix GM1 bahkan lebih kecil dibandingkan beberapa model kamera saku high-end serta tak lebih lebar dari telapak tangan orang dewasa. Tingginya juga hanya sebatas diameter mounting lensa micro four thirds.
Ukurannya yang kecil mungkin sedikit mengurangi kesan "serius' dari perangkat ini dan membuatnya terkesan seperti mainan. Daya tarik utama Lumix GM1 adalah ukurannya yang terbilang kecil, bahkan untuk standar kamera mirrorless sekalipun. Mungilnya bentuk kamera ini akan terlihat jelas tatkala disandingkan dengan saudaranya, Lumix GX7 yang menyasar kalangan enthusiast.
Kendati berukuran mini, Lumix GM1 masih dibekali dengan tombol-tombol kontrol eksternal sehingga kendali bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tak seperti Lumix seri GF atau kamera mirrorless entry-level lain yang lebih banyak bergantung pada touchscreen.
Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefandi menjelaskan bahwa Lumix GM1 sebenarnya ditujukan untuk para pecinta fotografi yang membutuhkan kamera mungil. "Misalnya untuk street photography di mana bentuk kecil kamera ini akan membuatnya tidak mencolok," ujarnya.
Kendati demikian, tak menutup pula kemungkinan bahwa Lumix GM1 bisa digunakan oleh kalangan pengguna lain, seperti kaum hawa yang menginginkan kamera ringkas untuk ditaruh di dalam tote bag. Desainnya sendiri agak feminin, terutama varian berwarna putih.
Bila diinginkan, navigasi juga bisa dilakukan dengan melalui touchscreen 3 inci yang turut disediakan. Metode ini praktis untuk melakukan hal-hal seperti seleksi titik fokus.
Mungkin untuk menjaga ukurannya agar tetap ringkas, Lumix GM1 tak memiliki port aksesori yang menghilangkan kemungkinan memakai viewfinder eksternal atau flash gun.
Wlalupun begitu, segala keraguan menyangkut Lumix GM1 segera sirna begitu mulai menjajalnya. Ibarat cabe rawit, kamera ini kecil tapi punya kemampuan "nendang".
Fokus dengan lensa 12-32mm, misalnya, terbilang sangat cepat, bahkan dalam kondisi minim cahaya yang menyelimuti lokasi acara peluncuran. Kecepatannya mirip dengan DSLR yang menggunakan metode AF phase detect.
Panasonic mengklaim bahwa Lumix GM1 memiiki kecepatan AF mencapai 0,06 detik. Hasil foto Lumix GM1 pun tajam serta relatif bersih dari noise pada ISO tinggi. Fitur "anti goyang" Mega OIS pada lensa 12-32mm membantu menstabilkan gambar pada shutter speed rendah.
Panasonic pun turut melengkapi Lumix GM1 dengan kapabilitas WiFi sehingga bisa dikendalikan secara wireless lewat gadget mobile, seperti smartphone dan tablet. Fitur yang satu ini memang wajib hadir pada kamera terkini besutan Panasonic. Yang absen adalah NFC, tapi itu bukan perkara besar karena toh proses koneksi ke gadget tetap mudah dilakukan. Lumix GM1 rencanaya akan mulai memasuki pasaran Indonesia pada Desember mendatang. Harganya belum ditentukan, tapi akan berada pada kisaran Rp 8-9 juta. (kps/fia)