Nokia Lumia 1020 dengan kamera 41 megapiksel

MALANG - Nokia Lumia 1020 dengan 'Professional Camera' telah resmi diluncurkan di Indonesia.  Bahkan di Malang, ponsel dengan kamera 41 megapiksel ini terlihat mejeng dibeberapa gerai penjualan ponsel. Salah satunya di Erafone Mall Olympic Garden, sejak kemarin ponsel dengan beberapa pilihan warna ini sudah tersedia, dengan harga Rp 7.999.000. Lalu bagaimana performa ponsel ini, Customer Service Erafone, Ayu Wahyu menjelaskan ponsel ini akan memberikan pengalaman pengguna dalam hal fotografi. Pengguna akan merasakan mengambil foto dengan gambar yang detail, lantaran dibekali dengan sensor 41 megapiksel.  Bahkan, Ayu mengatakan ponsel ini mendukung semua fungsi kamera profesional.
Di Lumia 1020, pengguna bisa mengubah eksprosur, ISO, fokus, White Balance dan lainnya, layaknya pengaturan di kamera profesional. Bukan itu saja, view finder yang ada di layar pun akan memperlihatkan hasil  gambar setiap setting yang diatur.  “Pengguna bisa menaikkan kecepatan shutter untuk memotret gerakan atau menurunkannya untuk pemandangan malam hari,’’ tambahnya.
Selain kekuatan lensa, Nokia juga membekali Lumia 1020 dengan berbagai fitur pendukung, untuk hasil yang lebih keren. Sebut saja salah satunya adalah Smart  Camera. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengambil serangkaian foto hanya dengan satu sentuhan. Selanjutnya, pengguna dapat melihat kembali foto-foto tersebut untuk menjadi sebuah cerita.
“Contohnya mengambil obyek balap motor, dengan satu sentuhan  puluhan gambar bisa dihasilkan. Dan pengguna bisa memilih kemudian merangkai gambar tersebut untuk mendapatkan ceria menarik,’’ ucapnya.
Efek dan filter yang ada pada fitur smart camera membuat pengguna bisa mengedit gambar sesuai yang diinginkan.  Pengguna pun bisa dengan cepat membagi foto hasil jepretan kepada teman ataupun sahabat. Teknologi dual capture memungkinkan penguna membagi foto atau mengunggahnya dalam situs jejaring social dengan mudah.
Ponsel ini juga langsung tersambung dengan komputer, sehingga pengguna bisa langsung membackup data dengan hanya melakukan drag drop. “Informasinya Nokia juga menyediakan penyimpanan data di skydrive seluas 7 GB, sehingga pengguna pun tidak perlu kawatir datanya hilang,’’ tandasnya.
Sementara untuk spesifikasinya sendiri Ayu mengatakan Lumia 1020 ini menggunakan jaringan GSM, 850 MHz, 900 MHz, 1800 MHz dan 1900 MHz, dan WCDMA, 2100 MHz, 1900 MHz, 850 MHz dan 900 MHz, dan band jaringan LTE, dengan kecepatan jaringan HSPA+ DL cat 24 dual carrier 42.1 Mbps.
Ponsel ini mengusung sistem operasional Windows Phone 8, dengan memory RAM 2 GB dan memori internal 32 GB, dan penyimpanan cloud SkyDrive 7 GB. Ponsel ini hadir dengan layar seluas 4.5 inci. Layar yang ditanam jenis AMOLED WXGA berresolusi 1280 x 768 pixel. Perlindungan gorilla glass 3 membuat layar ponsel ini tahan dengan goresan. Dan teknologi PureMotion HD+, ClearBlack, membuat tampilan layar lebih tajam dibanding ponsel lainnya.
Sedangkan untuk dapur pacunya, ponsel ini didukung dengan prosesor dual core 1.5 GHz. “Secara desain dan teknologi Lumia 1020 ini merupakan produk yang sempurna.   Apalagi ponsel ini juga dilengkapi baterai yang tahan lama,’’ tandas Ayu.(vik/fia)