Moncer Berkat Super Camera

MALANG – Lenovo K-900 tidak hanya hadir dengan prosesor intel atom yang diyakini memiliki kinerja cepat, namun ponsel premium ini juga memiliki spesifikasi kamera yang mantap. Exposure yang akurat membuat hasil foto dari kamera berkekuatan 13 megapiksel ini sangat tajam dengan warna yang baik.
Salah satu yang membuat hasil jepretan Lenovo K-900 ini apik adalah adanya fitur Super Camera. Fitur Super Camera ini baru kali pertama diterapkan Lenovo, dimana di dalamnya terdapat banyak pengaturan yang membantu pengguna mengambil foto dengan hasil yang maksimal.
Supervisor Global Teleshop, Bobin Febriyawan mengatakan, beberapa efek yang ada dalam fitur Super Camera adalah Magic GIF dan GIF. Efek ini mirip Cinemagraph yang diterapkan pada Nokia seri Lumia.
Ada juga efek Remove. Efek yang juga diterapkan pada Samsung Galaxy S4 ini bermanfaat, saat pengguna ingin menghapus obyek yang tidak diinginkan. Alhasil, hasil foto pun sangat maksimal, dan menarik.
Selain itu pada fitur Super Camera ini pengguna juga akan menemukan beberapa efek lensa digital. Seperti contohnya Fish Eye, Mirror, Tilt shift, Blur, Kaleidoskop sebagainya. “Beberapa efek lensa ataupun efek pendukung super camera tidak tersedia pada fitur, tapi bisa di download melalui play store,’’ kata Bobin. Namun begitu, Bobin mengatakan beberapa fitur ini berjalan cukup berat, bahkan untuk membukanya membutuhkan waktu beberapa detik.
Lenovo memberikan tiga jenis pengaturan untuk fitur fotografi yaitu Basic, Advance dan Other. Pengaturan basic meliputi switch kamera depan-belakang, flash, resolusi, Scene (Normal, night, portrait dsb), Effect adjust (pengaturan tingkat kecerahan, eksposur, kontras, saturasi dan ketajaman), kualitas foto, serta Guidelines (garis-garis untuk membantu mengatur komposisi). Sementara untuk pengaturan Advance meliputi pengaturan ISO, White balance, Stroscopic (auto, 50Hz, 60Hz) dan pengaktifan touch control shot.
“Untuk pengaturan Other Setting, pengguna bisa mengatur  lokasi GPS, bunyi kamera, animasi kamera dan mode fokus foto (auto atau continous),’’ rinci Bobin.
Selain fitur yang memukau, Lenovo K-900 ini dilengkapi dengan super gallery. Super gallery ini difungsikan untuk menampilkan hasil foto dan video yang dikelompokkan berdasarkan hari. Pengaturan ini lebih memudahkan saat pengguna mencari sebuah foto.
“Lenovo K-900 ini hadir tidak hanya dengan desain premium, tapi juga spesifikasi yang lengkap,” tambah Bobin.
Seperti diketahui, Lenovo K-900 ini hadir pertengahan tahun lalu. Ponsel ini dilengkapi dengan layar 5.5 inci. Kualitas layar IPS Full HD yang ditanam sangat baik. Kerapatan pixel mencapai 401 ppi, membuat teks dan gambar yang ditampilkan menjadi amat tajam dan penuh warna. Video full HD dapat dilihat dengan sangat memukau.  Selain itu desain ponsel ini juga sangat apik. Menggunakan bahan aluminium kokoh dan mewah cukup mendongkrak gengsi penggunanya.
Sementara untuk dapur pacunya, K900 bertumpu pada paduan prosesor Intel Atom Z2580 Dual-core, GPU PowerVR SGX544, dan RAM 2GB. Kinerja mesin sangat cepat, meskipun menjalankan aplikasi berat seperti game 3D.
Satu-satunya yang patut disayangkan terhadap ponsel ini adalah, tidak adanya slot untuk memory card. Artinya pengguna hanya puas dengan memory internal sebesar 16 GB. “Sebagai smartphone kinerja ponsel ini sangat luar biasa. Tapi untuk pengguna yang suka menyimpan data pada ponsel,  harus memperhatikan sisa memorynya. Karena ponsel ini hanya dilengkapi dengan memory internal seluas 16 GB,’’ tandas Bobin sembari mengatakan ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 4.999.000.(vik/fia)