BlackBerry Z30 Mulai Bayangi Pasar Malang

MALANG - Setelah resmi dilaunching November lalu, keberadaan  BlackBerry Z30mulai tercium di pasar gadget Malang. Itu seiring dengan banyaknya brosur tersebar yang menginfokan tentang ponsel pintar tersebut.
Hampir semua toko penjualan ponsel, mulai dari skala kecil hingga besar menyediakan brosur sebagai bentuk informasi jika ponsel ini segera mengisi gerai mereka. Bahkan beberapa pegawai toko pun mulai memasarkan ponsel touchscreen tersebut.
"Mungkin bapaknya mau menunggu produk baru dari BlackBerry. BlackBerry  Z30 akan segera dilaunching," tawar  salah satu pegawai toko modern dengan percaya diri.
Secara fisik BlackBerry Z30 memang tidak berbeda jauh dengan Z10. Ponsel tersebut didesain tanpa keypad alias layar sentuh. Namun begitu bodi ponsel ini sedikit lebih premium, karena bagian bawah ponsel ini dikemas dengan body alumunium.
"Dimensinya sesuai dengan info yang beredar adalah 140.7 x 72 x 9.4 mm. Ponsel ini memiliki berat 170 gram," kata Team Leader Erafone, Arie Kurnianto kepada Malang Post kemarin.
Untuk tampilannya, Arie pun menjelaskan ponsel ini hadir dengan layar jenis Super AMOLED seluas 5 inci. Layar Super AMOLED ditanam tidak hanya memberikan kesan tajam dan jernih karena memiliki resolusi 1280 x 720 mAh dengan kepadatan warna hingga 295 ppi, tapi juga hemat daya. Sehingga sudah pasti dengan layar tersebut baterai ponsel ini akan tahan lama. "Baterai yang ditanam berkapasitas 2880 mAh. Baterai ini bisa bertahan hingga 25 jam nonstop," kata Arie yang mengatakan daya tahan baterai tersebut salah satu andalan bagi BlackBerry Z30.
Bukan itu saja, yang membuat produk ini lebih ciamik karena telah didukung dengan OS BlackBerry 10.2. OS tersebut merupakan OS terbaru BlackBerry yang memiliki banyak keunggulan. Diantarannya fitur BBM Now atau Message previews. Fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat membaca BBM meskipun sedang bermain game, dan membalas chat BBM tanpa harus keluar dari game yang dimainkan.
Sementara untuk dapur pacunya, BlackBerry menyokong ponsel ini dengan prosesor dual core berkecepatan 1.7 GHz. Chipset yang ditanam adalah Qualcomm Snapdragon S4 Pro MSM8960 yang dipadu dengan GPU quad core Adreno 320. Perpaduan keduanya sudah tentu memberikan efek kecepatan dalam bekerja sekaligus tampilan grafis yang menarik pada layar ponsel.
Sisi kamera, BlackBerry Z30 sama seperti tiga generasi BlackBerry 10 sebelumnya, yaitu Z10, Q5 dan Q10. Pabrikan ponsel yang berbasis di Kanada ini menanamkan dua kamera pada body ponsel. Kamera utama menggunakan lensa berkekuatan 8 megapiksel lengkap dengan 5x digital zoom dan  mampu menghasilkan gambar HD 1080p  untuk merekam video. Sedangkan kamera depan menggunakan lensa berkekuatan 2 megapiksel, dengan 3x digital zoom yang mampu menghasilkan gambar HD beresolusi 720p untuk rekam video.
"Aplikasi GPS juga memudahkan pengguna saat bepergian, ditambah dengan aplikasi BlackBerry Maps menambah seru perjalanan wisata pengguna," kata Arie.
Sedangkan jaringannya, Arie pun menyebutkan ponsel ini didukung dengan jaringan Quad band LTE 3.7, 20.8 (1800/2600/900/800 MHz), Quad band HSPA/UMTS 1.2.5/6.8 (800/850/900/1900/2100 MHz) dan Quad band GSM/GPRS/EDGE (850/900/1800/1900). "Untuk harganya sesuai informasi dibanderol Rp 8 juta. Tapi kami juga belum tahu," tandas Arie, yang berharap ponsel keren ini segera hadir untuk dipasarkan di Malang.(Vik/fia)