Tablet Samsung Pertama Berkamera 8MP

CURI START: Kendati mengusung nama 2014 Edition, namun Samsung Galaxy Note 10.1 saat ini telah beredar di pasaran.

MALANG - Beberapa waktu lalu, Samsung mengenalkan tablet barunya kepada masyarakat. Yaitu Samsung Galaxy Note 10.1 2014 Edition. Tentu saja, produk ini membuat banyak orang penasaran. Terlebih adanya embel-embel 2014 Edition, yang notabene bahwa produk ini sejatinya akan dikenalkan pada awal tahun depan. Namun rasa penasaran tersebut seketika dapat terobati, seiring dengan beberapa gerai telah memiliki stok tablet tersebut.
"Dari Kamis (5/12) lalu kami sudah memiliki stok, hanya saja masih beberapa. Sabtu malam lalu datang lagi, dan sudah dipesan orang," kata pemilik Karna Jaya Cell Badri.
Ia menambahkan, seyogyanya tablet ini muncul beberapa versi. Yaitu versi WiFi Only, 3G, dan versi 3G LTE. "Yang saya punya versi 3G LTE, karena banyak diminati," kata Badri.
Sekalipun muncul dengan beberapa versi, pada kenyataannya, tidak ada yang berbeda secara fisik. Ketiganya mengusung bodi dengan dimensi 243.1 x 171.4 x 7.9 mm. Untuk kelengkapan navigasinya, tablet ini dilengkapi dengan stylush pen. "Stylus pen ini memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai pekerjaan," katanya.
Sesuai namanya, tablet ini mengusung layar 10.1 inci. Layar lebar yang tertanam ini tidak hanya memuaskan pandangan pengguna, tapi sekaligus memudahkan pengguna bisa membuka berbagai aplikasi.  
Layar super clear LCD, yang mendukung 16 juta warna, mampu menampilkan gambar yang cling, tajam serta natural.  Bahkan, layar yang ditanam mampu menghasilkan resolusi 2560 x 1600 piksel, dengan tingkat kepadatan hingga 299ppi.
"Ini menjadi tablet paling sempurna dari Samsung, dibandingkan generasi sebelumnya. TouchWiz UI yang tertanam pada layar juga sangat memudahkan pengguna untuk menggunakannya," kata Badri.
Selain layar yang luar biasa, tablet ini juga dilengkapi dengan mesin yang sangat cepat. Ya karena Samsung menyokong Note 10.1 2014 Edition ini dengan prosesor quad core berkecepatan 2.3 GHz, Krait 400. Chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang ditanam membuat puas para penggunanya. Ditambah dengan Adreno 330 membuat tablet ini sangat apik menampilkan grafisnya.
"Untuk kemampuan multimedianya, tablet ini telah dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel. Ini kali pertama Samsung menanamkan kamera berkekuatan 8 megapiksel untuk produk tablet,” rinci dia.
Biasanya, Samsung hanya menanam kamera 5 megapiksel, dan itupun mampu menghasilkan jepretan maksimal. Badri melanjutkan, kamera kedua tablet ini dilengkapi dengan kamera berkekuatan 2 megapiksel. Sekalipun hanya 2 megapiksel, pengguna tidak perlu kawatir, karena kamera mampu untuk merekam video, dan bisa untuk melakukan video call.
“Kamera beresolusi tinggi sengaja ditanam Samsung seiring banyaknya produk tablet yang mengandalkan sisi kamera,” tegasnya.
Untuk kinerjanya, tablet ini didukung dengan platform Android 4.3 Jelly Bean.
Speaker Dolby Surround sehingga kualitas suara Note 10.1 2014 Edition ini tidak akan mengecewakan penggunanya.
Kerennya lagi, tablet ini juga support dengan Samsung Galaxy Gear. Pengguna hanya perlu mengkoneksikan keduanya menggunakan Bluetooth. Setelah itu, pengguna bisa menerima telepon, maupun SMS, atau memperbarui status sosial media hanya melalui Galaxy Gear.
Namun begitu, meski disokong dengan fitur dan spesifikasi yang lengkap, Samsung tidak mengimbanginya dengan baterai yang kuat. Itu karena tablet ini hanya dilengkapi dengan baterai 2230 mAh. Kapasitas itu sangat minim, dibandingkan dengan layar lebarnya.
"Tablet ini hanya mampu bertahan selama 10 jam. Pengguna wajib membawa charger portable, untuk mengantisipasi kehabisan baterai di jalan," tandas Badri yang membandrol perangkat ini seharga Rp 5 jutaan.(vik/fia)