BlackBerry Q5 Masih Digjaya

LEBIH DINIKM ATI: BlackBerry Q5 masih menjadi produk yang banyak diminati.

MALANG – BlackBerry telah meluncurkan empat produk yang disertai dengan Operating System (OS) BlackBerry 10. Yaitu BlackBerry Z10, BlackBerry Q10, BlackBerry Q5, dan teranyar adalah BlackBerry Z30 yang telah menggunakan OS BlackBerry 10.2. Tentu saja, kehadiran empat produk yang sama-sama dikeluarkan pada tahun 2013 ini cukup banyak menarik minat konsumen. Dan itu terbukti, keempat produk ini laris manis di pasaran, terutama BlackBerry Q5.  Selain hadir dengan fitur yang sangat lengkap, BlackBerry Q5 dijual dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan tiga produk lainnya.
“Masih Q5 yang paling laris untuk produk dengan operating sistem BlackBerry 10. Sementara Z30 sampai saat ini belum masuk,” kata frontliner Erafone Malang, Agusti Dewi. Fitur canggih Q5, disebutkan gadis yang akrab dipanggil Dini ini diantaranya adalah Keyboard BlackBerry dan Instan Action. Ya, Q5 memang hadir dengan Keyboard BlackBerry klasik, yang dirancang secara ergonomis. “Keyboard menjadi ciri khas BlackBerry untuk membantu pengetikan yang lebih mudah dan akurat. Dan dengan Instan Action pengguna bisa menemukan apapun yang ada di BlackBerry langsung dari layar awal dengan cepat,” kata dia kepada Malang Post.
Perangkat yang dijual dengan harga Rp 3,9 jutaan ini memberikan pengalaman mudah, tanpa hambatan, sekaligus mengiringi pengguna untuk menlejajah, dan berbagi dengan siapapun dan dimanapun. Selain Q5 yang menggunakan OS BlackBerry 10, beberapa perangkat BlackBerry dengan OS BlackBerry 7 juga cukup diminati. Bahkan, posisi penjualan BlackBerry dengan OS 7 ini sama sekali tidak goyah, sekalipun saat ini BBM sudah menjadi aplikasi lintas platform.
Adanya keypad, dan paket BlackBerry yang murah meriah menjadikan perangkat BlackBerry OS 7 tetap dilirik. Ditambah dengan harganya yang relatif terjangkau. Dini pun mengatakan ada beberapa seri BlackBerry yang menggunakan OS 7. Yaitu BlackBerry Curve 9220 (Davis), BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3), BlackBerry Curve 9230 (Amstrong), BlackBerry Bold 9900 (Dakota) dan BlackBerry 9720 (Samoa). “Kelimanya menggunakan OS 7, dan perangkatnya dilengkapi keypad, yang memudahkan untuk pengetikan,” kata Dini. Harganya pun menurut dia sama sekali tidak membuat tipis kantong.
Seperti Curve 9220 (Davis) dijual dengan harga Rp 1.599.000, BlackBerry Bold 9790 (Onyx 3) dijual dengan harga Rp 3.199.000, BlackBerry Curve 9230 (Amstrong) dijual dengan harga Rp 1.999.000, BlackBerry Bold 9900 (Dakota) dijual dengan harga Rp 4.499.000 dan paling gress BlackBerry 9720 (Samoa) dijual dengan harga Rp 2.499.000. “Dibandingkan dengan Z10, Q10 atau Q5 jelas harganya lebih murah. Apalagi, sekarang juga ada cash back hingga Rp 1 juta, jadi harganya lebih murah lagi,’’ katanya lagi. Sementara untuk keunggulannya, selain memiliki keypad yang sangat memudahkan dalam mengetik, OS 7 ini sudah mendukung teknologi multicast.
Fitur Multicast ini membuat pengguna didengar secara instan. Artinya, melalui BlackBerry OS 7 terbaru  pengguna dapat dengan mudah mengetik pesan dalam satu kali dan mempostingnya secara bersamaan dan instan ke teman-teman BBM, Twitter, dan Facebook. Pengguna juga dapat mengambil gambar dan mempostingnya ke dalam beberapa account sosial media dalam waktu yang sama, langsung dari aplikasi kamera. BBM Voice juga menjadi andalan BlackBerry OS7 karena dengan BBM Voice memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan gratis melalui jaringan WiFi. (vik/mar)