Nokia Moncer Bersama Windows Phone

MALANG – Sejak Febuari 2011 Nokia menciptakan ponsel berbasis Windows Phone. Melalui produk Lumia 800 dan Lumia 710, Nokia pun langsung menyerbu pasar ponsel. Tentu saja, kehadirannya pun mewarnai pasar ponsel yang didominasi OS Android dan BlackBerry.
Rasa penasaran warga kepada Lumia 800 dan Lumia 710 inipun sangat tinggi. Sehingga tidak lebih dari satu bulan, jutaan unit ponsel berlayar touchscreen ini pun laku terjual. Tidak terkecuali di Indonesia, Lumia 800 dan Lumia 710menjadi ponsel paling banyak dicari karena dibekali dengan operating sistem Windows Phone.
Hampir semua pengguna Lumia 800 dan Lumia 710 pun mengaku puas, lantaran secara tampilan, antar muka Lumia 800 sangat sederhana dan penggunaanya pun tidak kesulitan meskipun mereka baru menggunakannya.
Seperti diketahui, microsoft menanamkan sistem UI pada ponsel dengan tampilan kotak-kotak. Kotak-kota berisi aplikasi itu berjajar rapi di layar. Ini dilakukan untuk  memudahkan pengguna untuk membuka setiap aplikasi yang ada dalam ponsel.
“Sekali sentuh, aplikasi langsung terbuka,’’ kata team Leader Erafone, Ary Kurnianto kepada Malang Post.
Ary menjelaskan, Windows Phone merupakan keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi tersebut merupakan pengganti dari platform windows mobile.
Windows phone Microsoft menciptakan antar muka dengan bahasa desainnya diberi nama Modern Style UI. Perangkat lunak ini terintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga dan berbagai layanan Microsoft, serta menetapkan persyaratan minimal untuk perangkat keras yang memakai OS ini.
Keunikan Window Phone membuat Nokia gencar menciptakan ponsel berbasis Windows Phone. Tahun 2012 lalu, Nokia menciptakan ponsel Lumia 900 dan Lumia 610. Tentunya, kedua ponsel tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan ponsel Lumia generasi sebelumnya.
Mulai dari tampilan yang menarik, hingga desainnya yang elegan. Lagi-lagi, dua smartphone ini diterima masyarakat, yang cukup paham akan keunggulan ponsel berbasis windows phone. Hasilnya, jutaan unit pun langsung terjual.
Kejayaan itu terus berlanjut hingga sekarang, Nokia meluncurkan ponsel terbarunya yaitu 1020. Nokia 1020 ini terintegrasi dengan Operating Sistem Windows 8. Tentunya dengan ditanamnya sistem tersebut Nokia 1020 bukanlah ponsel biasa.
Pada seri ini, Nokia melakukan gebrakan dengan menanamkan kamera berkekuatan 41 megapiksel pada 1020. Bukan sekadar menanam kamera, namun kualitas bahan juga dipertimbangkan pabrikan ini.
Lensa Carl Zeis yang ditanam di padu dengan teknologi Pure View membuat hasil jepretan Nokoa 1020 sangat bagus. Bahkan hasilnya tidak kalah dengan kamera DSLR. Ary men jelaskan, Windows Phone 8 ini memiliki kelebihan pada User Interface (UI) nya.
“Mungkin pengguna bakal melihat halaman penuh dengan shortcut. Karena menurut penelitian, para pengguna OS Windows lebih memilih memakai cara instan berupa shortcut. Inilah alasan pihak Microsoft menghilangkan fungsi Windows yang biasa terletak di kiri bawah dan menggantinya dengan banyak shortcut. Keunggulannya, tampilan shortcut tadi bakal lebih simpel dan bikin mata nyaman. Tampilan antarmuka ini dikenal dengan sebutan "modern",’’ kata Ary.
Kelebihan lainnya menurut Ary adalah, ponsel Windows Phone memiliki desain dan arsitektur prosesor lengkap. Windows 8 dilengkapi oleh ARM dan x86. Sedangkan iOS dan Android hanya didukung ARM semata. Memang ada versi Android yang kompatibel dengan x86.  Namun tidak selengkap dan sebaik yang ada di Windows 8.
ARM dan x86 adalah desain arsitektur prosesor. ARM lebih efisien terhadap daya, jadi lebih hemat listrik deh. Sedangkan x86 memiliki kekuatan yang ada di chip Intel pada umumnya, kompatibel dengan software yang didesain untuk Windows 2007 dan lebih tua dari itu.
Sementara untuk multi taskingnya, sudah tidak perlu diragukan. Karena sejak dikenalkan, Nokia sudah mengatakan sistem operasional Windows Phone itu multi tasking, dan pada Windows Phone ke-8, fitur-fitur tersebut mengalami penyempurnaan.
Ary menuturkan, keunggulan Windows Phone yang belum bisa ditandingi OS lain adalah waktu booting dan loading yang cepat. Bahkan mengalahkan ponsel berbasi iOS maupun android, yang butuh hingga setengah menit untuk betul-betul bisa aktif. (vik/fia)