Tombol Gaul Asha 210

KHUSUS: Nokia Asha 210 memiliki tombol khusus untuk mengakses semua media sosial.

MALANG – Perangkat dengan segmentasi yang jelas menjadi nilai lebih untuk menguasai pasar. Saat pabrikan lain sibuk mengembangkan smartphone yang memiliki berbagai fitur tingkat tinggi dengan harga yang terjangkau, Nokia justru percaya diri dengan merilis Nokia Asha 210 bebrapa waktu lalu.
Alih-alih melahirkan ponsel touch screen yang mainstream, Nokia justru mengeluarkan Asha 210 dengan model keypad fisik QWERTY. Pembeda ponsel ini ada pada tombol ekstra yang dikenal dengan nama tombol gaul.
“Tombol gaul ini menjadi akses mudah menuju media sosial, diantaranya WhatsApp, Youtube, dan Gameloft,” jelas Bobin Setiawan.
 Ponsel ini dilengkapi dengan jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line yang telah terinstal ke dalam ponsel. satu lagi pembeda Asha dengan ponsel lain adalah operating system.Nokia menanamkan OS legendaris yaituS40 Asha.
Layarnya memiliki ukuran 2,4 inci resolusi 320 x 240 pixel. Memori internal yang disediakan hanya 64 MB, tetapi media penyimpanan dapat diperluas dengan memori eksternal MicroSD hingga 32 GB.
Nokia Asha dibekali kamera dengan sensor 2MP yang dapat diakses langsung dengan menekan tombol khusus, bahkan ketika ponsel dalam keadaan terkunci. Setelah memotret, pengguna dimungkinkan melakukan edit foto sederhana lalu mengunggahnya ke jejaring sosial internet.
Bobin menyebutkan, pengaturan pada kameranya juga dilengkapi dengan fitur bahasa. Fitur bahasa dapat memerintahkan pengguna untuk mengatur angle foto agar hasilnya pas dengan layar ponsel. "Misalnya posisi kita kurang ke kiri atau ke kanan, ponsel akan memberikan peringatan," jelasnya.
Ponsel ini hanya mendukung koneksi internet GPRS, dan tidak mendukung 3G. Akan tetapi, pengguna dimungkinkan terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Bobin menambahkan, pengguna Asha 210 mendapatkan beberapa aplikasi permainan secara gratis, antara lain FIFA 13, Need for Speed Shift, Medal of Honor, dan Bejeweled.
Performa Nokia Asha 210 ini bisa disempurnakan dengan paket internet Asha Data Plan yang dikeluarkan oleh Simpati. Dengan paket data tersebut, aktivitas internetan diklaim lebih ringan dan hemat hingga 90 persen.(fia)