Kicauan Paling Seru Sepanjang 2013

Sepanjang tahun 2013 banyak peristiwa yang terjadi di dunia. Mulai dari kisah sedih sampai kabar gembira. Kabar-kabar tersebut tak hanya menjadi perbincangan di dunia nyata, namun juga di dunia maya.

Keriuhan yang terjadi di seluruh dunia, juga sampai ke pengguna Twitter. Mereka saling berkicau untuk menginformasikan atau merespon segala peristiwa termuktahir yang terjadi.

Dunia dalam berita di Twitter ini terjadi sangat cepat dan saling berganti topik tiap bulan atau minggunya. Ini seperti omongan dari mulut ke mulut, tapi di dunia maya sepanjang 140 karakter.

Nah, apa saja peristiwa penting yang turut meriuhkan timeline di Twitter sepanjang tahun 2013? Berikut rangkuman ceritanya yang dinukil dari blog resmi Twitter, Sabtu (14/12).
Pejabat Publik Cari Simpati
Twitter masih menjadi cara yang ampuh untuk menarik simpati warga. Interaksi yang lebih intim dengan warga, membuat layanan mikroblogging masih diminati oleh pejabat publik. Seperti hal yang dilakukan oleh Perdana Menteri Australia Kevin Rudd yang ingin bertarung kembali dalam pemilihan umum. Dia mencoba menjaring suara, dengan mencoba lebih dekat dengan rakyat. Rudd menngajak warganya di Twitter untuk berinteraksi dengannya. Sambil berharap mereka mau memilih kembali dirinya di pemilihan umum.
Di Indonesia juga demikian, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka akun Twitter resminya. Akun beralamat @SBYudhoyono, nantinya akan menjadi sarana bagi presiden menyapa masyarakat pengguna media sosial. Twitter juga ramai, dengan berita tentang Presiden Panama Ricardo Maritinell yang menyita kapal muataan ratusan senjata yang diduga adalah nuklir canggih di Terusan Panama, dan rencananya akan dikirimkan ke Korea Utara.
Duka Bom Boston
Amerika Serikat beduka. Pada tanggal 15 April 2013, dua bom meledak saat berlangsungnya Maraton Boston.  Beberapa orang tak berdosa tewas dalam peristiwa tersebut, termasuk sang pengebomnya. Di Twitter kabar ini dengan cepat menyebar. Kabar duka dan simpati saling menyaut di linimasa. Boston Meratap, Amerika Berduka dan Warga Twitter bersedih. Layanan mikorblogging ini juga dimanfaatkan oleh Kepolisian Boston untuk menyebarkan kabar pelaku dari aksi keji ini.
Golden Tweet untuk Cory Monteith
Di antara jutaan tweet tahun ini, ada sesuatu yang Twitter sebut The Golden Tweet . Ini adalah Tweet yang paling  banyak di-retweeted di sepanjang tahun 2013. Salah satu yang paling bergaung dengan jutaan pengguna Twitter di seluruh dunia adalah kemunculan pertama dari Lea Michele yang merupakan kekasih dari Cory Monteith, artis dari  film Glee yang tewas.
Ucapan perpisahaan dan disertai dengan foto ini di-retweeted lebih dari 408.000 kali dari 133 negara .Bintang muda Hollywood Cory Monteith dikabarkan telah meninggal. Pemeran Finn Hudson dalam serial 'Glee' itu ditemukan tak bernyawa di kamar hotel Fairmont Pacific Rim, Kanada.
Paul Walker Meninggal Dunia
Kabar duka kembali menyelimuti Hollywood. Salah satu bintang Fast Furius. Paul Walker meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan. Kabar ini dikonfirmasi melalui akun Twitter milik Paul Walker, yang diposting oleh juru bicaranya.
"Dengan hati yang sangat sedih, kami harus membenarkan kabar Paul meninggal dunia dalam kecelakaan yang sangat tragis," tweet akun @realpaulwalker. Berita duka ini langsung menyebar dengan cepat, ini terlihat juga dari jumlah retweet sebanyak 400,367 kali. Ini juga yang membuat tweet ini menjadi Golden Tweet di posisi kedua.
Nial Horran ‘One Direction’ Bukan ABG Lagi
Remaja putri di seluruh dunia saat ini sedang tergila-gila dengan boyband asal Inggris, One Direction. Salah satu anggotanya yang lumayan aktif di Twitter adalah Nial Horan. Dengan jumlah penggemar yang besar, maka tak mengeherankan bila setiap kicauan Horan di akunnya @Niallofifcial selalu mendapatkan respon yang banyak.
Dan paling membuat heboh tentu saja adalah ketika sebuah kicauan yang mengatakan bahwa umurnya kni sudah 20 tahun dan tak lagi remaja mampu diretweet sebanyak 367,260 kali dan membuat retweet terbanyak ketiga.(dtc/fia)