iPad Mini Rasa Lokal

MALANG – Apple menjadi salah satu vendor besar yang menjadi kiblat teknologi. Tak heran jika banyak pemain-pemain lokal yang mengadopsi produk-produk yang dikembangkan mendiang Steve Jobs ini.
Advan misalnya, melalui perangkat tablet seri Vandroid T4A. Advan mencoba menghadirkan wujud iPad mini dengan rasa lokal. Marketing Print Sipp Plasa Dieng Heni Ayu Setyowati menjelaskan, selain bentuknya yang mirip iPad Mini, banyak fitur yang mengadopsi dari perangkat asal perusahaan California tersebut. Salah satunya adalah teknologi yang dipasang pada layar.
Heni menjelaskan  perangkat ini disokong dengan teknologi multi touch screen untuk layarnya. Artinya, dengan teknologi tersebut sudah tentu, layar tablet mampu merespon lima jari sekaligus. “Pengguna hanya perlu mencubit untuk mengembalikan tampilan layar,’’ kata Heni.
Sementara untuk kinerjanya, Heni mengatakan jika tablet ini didukung dengan prosesor Cortex A9 single core berkecepatan 1 GHz. Memory RAM berkapasitas 512 MB, sangat membantu untuk menjalankan berbagai aplikasi yang ada pada tablet. Hanya saja, keterbatasan prosesor membuat tablet ini tidak bisa bekerja berat, alias hanya mampu mengerjakan berbagai pekerjaan standar. GPU Mali 400MP yang ditanam tidak cukup mampu menjalankan berbagai aktifitas  dengan file yang besar,
Sementara untuk penyimpanannya, Advan membekali tabletnya itu dengan memory internal seluas 4GB, yang bisa diperluas hingga hingga 32 GB menggunakan Micro SD card.  Untuk keperluan foto, tablet ini dilengkapi dengan dua kamera. Kamera utama menggunakan lensa berkekuatan 1,3 megapiksel. Sedangkan untuk kamera depan, Advan hanya menyematkan kamera VGA. Tablet ini juga sudah mendukung platform Android 4.2 (Jelly Bean). Dengan platform tersebut, pengguna pun bisa memasukkan aplikasi BBM pada tablet dan menggunakannya dengan lancar.   
“Untuk koneksinya, tablet ini didukung dengan sambungan WiFi, dan Bluetooth. Sedangkan untuk dayanya, tablet ini didukung dengan baterai 4000 mAh,’’ tandas Heni sembari mengatakan tablet ini dibanderol dengan harga Rp 900 ribuan.(vik/fia)