Lenovo Yoga 13S, ultrabook ekstra ringan

MALANG – Awal tahun lalu Lenovo secara resmi merilis komputer jinjing IdeaPad Yoga 13S. Sesuai namanya, notebook ini hadir dengan ukuran layar 13 inci. Perangkat ini ini merupakan perpaduan antara ultrabook dan tablet lantaran layar IdeaPad Yoga 13S ini bisa diputar hingga 360 derajat.
“Saat diputar hingga 360 derajat perangkat ini tidak lagi berfungsi sebagai ultrabook, tapi berfungsi sebagai tablet, karena secara otomatis dalam kondisi tersebut keyboard tidak lagi berfungsi, dan semua aktifitas mengandalkan sentuhan pada layar,’’ kata Promotor Lenovo, Yarendra Sunjaya kepada Malang Post.
Yendra juga menjelaskan, sekalipun kerap dilipat hingga 360 derajat pengguna tidak perlu khawatir, lantaran engsel sekaligus kabel flexible yang digunakan sangat kuat, dan sudah diuji ribuan kali.
“Untuk kabel flaksibel sudah diuji hingga 25 ribu kali, kekuatannya sudah terjamin, dan kami memberikan garansi selama 2 tahun untuk perangkat ini,’’ tambahnya.
Perangkat ini juga hadir dalam 2 pilihan spesifikasi prosesor. Yaitu Intel Core i5 seri 3317U kecepatan 1,7GHz, dan prosesor Intel Core i7 seri 3517U. Tentu saja antara keduanya dibedakan dengan harga.
“Harga IdeaPad Yoga 13S menggunakan prosesor Intel Core i7 seri 3517U , lebih mahal Rp 900 ribu, dibandingkan dengan yang menggunakan prosesor  Intel Core i5 seri 3317U kecepatan 1,7GHz, yang dijual dengan harga Rp 12 juta,’’ tambah Yendra.
Selain prosesor tersebut, hampir semua yang ada pada perangkat ini sama. Yendra pun mengatakan jika IdeaPad Yoga 13s ini didukung RAM 4GB DDR 3, grafis terintegrasi Intel HD 4000, dan media penyimpanan data solid-state drive (SSD) 128GB. Semua itu berjalan dengan sistem operasi Windows 8.
Sedangkan untuk layarnya, Yendra menjelaskan secara detail, IdeaPad Yoga memiliki bentang layar 13,3 inci beresolusi 1.600 x 900 pixel. Perangkat ini memiliki ketebalan 16,9 inci, dan bobot 1,54kg.  Perangkat ini juga dilengkapi dengan speaker berlabel Dolby Home Theatre. Tak pelak, dengan speaker tersebut pengguna akan mendapatkan sensasi suara yang luas biasa saat menggunakan perangkat ini untuk menonton film ataupun bermain game.  Sedangkan untuk koneksi, Lenovo menyediakan 2 port USB, HDMI, jack audio 3,5mm, serta konektifitas  nirkabel Bluetooth dan WiFi.
“Baterai perangkat ini bisa bertahan hingga 8 jam, saat digunakan secara aktif,’’ tandas pria yang memiliki wilayah tugas di Lenovo Store, Plaza Dieng ini.(vik/fia)