Dari BBM Voice hingga Multicas

KELAS MENENGAH: BlackBerry 9720 diperuntukkan bagi pengguna yang mulai paham fitur-fitur yang dimiliki smartphone.

MALANG – BlackBerry memiliki satu smartphone yang diperuntukkan bagi pengguna pemula yang mulai mahir. Adalah BlackBerry 9720 atau yang biasa disebut dengan Samoa. Salah satu kelebihan dari gadget yang satu ini adalah adanya fitur BBM Voice yang memungkinkan pengguna saling menelpon tanpa menghabiskan pulsa.
“BBM Voice memanfaatkan jaringan WiFi untuk menelpon ke sesama pengguna BlackBerry yang memiliki fasilitas BBM Voice,” jelas Supervisor Global Teleshop Bobin Febriawan kepada Malang Post kemarin.
Bobin menegaskan, saat kedua pengguna BBM terhubung dengan WiFi, maka keduanya bisa langsung bercakap-cakap tanpa harus kehilangan pulsa sepersen pun.  Ia menambahkan, BBM Voice diperkenalkan pertama kali bersamaan dengan BlackBerry Samoa yang diperkenalkan sekitar Oktober lalu. Samoa sendiri merupakan gadget teranyar dari Research In Motion (RIM) yang dibekali dengan Operating System (OS) BlackBerry 7.1.
Samoa memang berbeda dengan ponsel BlackBerry pada umumnya. Selain hadir paling baru, ponsel ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang lengkap dan memudahkan penggunanya, slah satunya tombol pintas BBM.
"Adanya tombol pintas untuk menuju aplikasi BBM, sehingga pengguna tak perlu masuk ke menu untuk membuka aplikasi chatting ini,”tambah pria berkepala plontos ini.
Fitur update lain adalah multicas yang memungkinkan pengguna bisa mengunggah pesan dan membagikannya ke beberapa media sosial sekaligus, mulai dari teman-teman di kotak BBM, Facebook, hingga Twitter.
Samoa juga telah dilengkapi dengan aplikasi BBM Integrated FM radio yang memungkinkan pengguna mendengarkan siaran radio lokal. Selain itu, saluran radio yang sedang didengarkan secara otomatis tampil di status BBM pengguna.
"Kemudahan-kemudahan inilah yang membuat BlackBerry Samoa banyak diminati. Termasuk untuk urusan fotografi. Pengguna bisa langsung menjepret dengan kamera berkekuatan 5 megapiksel, kemudian membagikannya ke teman-teman melalui email, atau ke sosial media," tandasnya.
Sementara untuk spesifikasinya sendiri BlackBerry Samoa hadir dengan desain yang presisi. Memiliki dimensi 114 x 66.33 x 12.07 mm, ponsel ini dilengkapi dengan layar 2.8 inci, dengan touch panel display. Resolusi layarnya mencapai 480 x 360 piksel dan tingkat kepadatan warnanya mencapai 214 ppi.
Kamera Samoa dilengkapi dengan kamera EDOF 5 megapiksel. Flash dan Image Stabilization membuat kamera ponsel ini bisa menjepret dengan kualitas bagus. Apalagi dengan adanya tambahan 4 kali digital zoom kian membuat pengguna leluasa mengambil gambar.
Ponsel ini juga dibekali dengan prosesor 806 MHz Travor MG1. Kinerja ponsel didukung dengan memory RAM 512 MB.  Sedangkan untuk ketahananannya,  ponsel yang telah dilengkapi dengan jaringan 3G ini mampu bertahan hingga 432 jam dalam kondisi stand by.
Sementara itu tiga tipe BlackBerry yang menggunakan OS 10 juga masih banyak diminati. Terlebih saat ini, BlackBerry telah merilis versi OS BlackBerry 10.2, yang nota bene memiliki banyak kelebihan.
“Di OS BlackBerry 10.2 ini, informasi juga ada Google Play Store, yang menjadi gudang aplikasi Android. Artinya dengan ponsel BlackBerry 10, pengguna bisa merasakan sensasi ponsel Android,” tambah Bobin, yang mengatakan versi  BlackBerry versi 10.2 sendiri tersedia pada BlackBerry Z30. (vik/fia)