Revenue XL Tumbuh 35 Persen

KERJASAMA: Dari kiri Fachrul Kurniawan, Eko Setiawan dan Arief Alvino menunjukkan piagam penandatanganan kerjasama support program Aptikom Malang.

MALANG – Keseriusan PT XL Axiata (XL) meningkatkan revenue berbasis data membuahkan hasil. Itu terbukti, pada kwartal terakhir tahun 2013 ini,  XL mampu meningkatkan revenue tersebut hingga 35 persen untuk wilayah Malang.
Hal ini kemarin dikatakan oleh Hazad Khan, Manager Management Service PT XL Axiata, East  Java Region kemarin. Pria yang ditemui Malang Post di sela-sela kegiatan penandatanganan MoU kerjasama XL dengan Aptikom di Hotel Haris ini mengatakan, peningkatan revenue tersebut seiring dengan banyaknya produk ciptaan XL yang mendukung paket data.
“Bisnis teknologi komunikasi saat ini mengalami peralihan yang cukup hebat, dimana saat ini paket data berada di urutan teratas. Termasuk di Malang ini, hampir setiap minggu terjadi peningkatan traffic, yang berimbas pada meningkatnya revenue,’’ kata Hazad.
Namun begitu, pihaknya tidak terbuai. Kerja keras terus dilakukan. Terlebih masih ada beberapa event tahunan yang bisa dimanfaatkan untuk mendulang kenaikan traffic. Yaitu Natal dan Tahun Baru 2014.
“Harapan kami peningkatannya lebih dari 40 persen. Saat ini kami masih terus berupaya,’’ katanya, sembari menegaskan peningkatan itu hanya untuk di wilayah Malang.
Hazad juga menjelaskan, adanya peningkatan tersebut seiring dengan upaya pihaknya membangun jaringan yang lebih baik. Infrastruktur yang telah diciptakan, mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal data. Salah satunya, dengan keseriusannya dalam membangun BTS 3G. Dikatakan oleh Hazad, tahun 2013 ini pihaknya memang sangat serius membangun jaringan 3G.
“Jika pada tahun 2012 lalu sudah lebih dari 5000 BTS berdiri, sekarang sudah lebih dari 6000 BTS lagi. Tambahan 1000 BTS itu semuanya masuk pada jaringan 3G. Di Malang ini justru jaringannya sudah masuk pada HotRod 3G, sehingga untuk melakukan akses data lebih cepat,’’ tandasnya.
Sementara itu, terkait dengan kegiatan penandatangan MoU kerjasama, PT XL Axiata dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) kemarin berjalan cukup lancar. Ada 11 perwakilan masing-masing kampus yang tergabung dalam Aptikom membubuhkan tanda tangan pada nota kerja sama tersebut. 11 Kampus itu diantaranya, Uin, UMM, UM, ITN, Unikama, STIE ASIA aMalang dan STIMIK ASIA Malang.
Regional Sales Operational Manager XL East Java 2, Eko Setiawan mengatakan kerjasama ini merupakan bentuk nyata dukungan XL di bidang teknologi informatika dan komputer. “Semakin banyak konten lokal yang diciptakan oleh developer lokal kita akan semakin menambah semarak dan variatif fitur atau fasilitas yang bisa ditawarkan kepada pelanggan. Dan konten tersebut bisa memudahkan pelanggan,’’ kata Eko.
Pria berkacamata minus ini juga mengatakan, selain dukungan terhadap program informatika dan komputer terutama terciptanya konten lokal  Indonesia, XL juga melakukan kerjasama dengan memberikan Cyber Campus. Yaitu program donasi teknologi informasi berupa Sistem Informasi Terpadu (SIFOSTER).
“Program ini, untuk membentuk komunitas yang arahnya adalah memberikan tarif gratis nelpon dan SMS ke sesama anggota komunitas kampus. Adanya Android Corner atau IT Corner lebih menunjang program kampus yang sudah ada,’’ urainya, sembari mengatakan kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari Campaign Konten Lokal Indonesia XL bersama Klik dan Aptikom Malang.
Selain penandatangan MoU, kemarin XL juga menggelar Workshop para developer Konten Lokal Malang. Workshop ini diikuti lebih dari 100 perserta. Mereka masing-masing dari mahasiswa dan perwakilan kampus, serta umum.(vik/fia)