XL Tuntaskan 2G Modernisasi Jaringan di Jatim

MALANG POST - PT XL Axiata TBK (XL) telah berhasil menuntaskan proses modernisasi jaringannya di Jawa Timur (Jatim). Pada modernisasi jaringan ini diterapkan teknologi penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah ”Single RAN”. Keuntungan penerapan teknologi ini adalah hemat listrik hingga 70 persen, penggunaan ruangan yang  semakin kecil serta pengoperasiannya yang semakin mudah. Dengan kerja keras dan proses yang cukup panjang, proyek tersebut selesai dikerjakan sesuai dengan jadwal yang direncanakan sekaligus mengantisipasi lonjakan trafik pada libur Natal 2013 dan Tahun Baru 2014. 
Pada proyek ini XL melakukan modernisasi terhadap 1773 site 2G eksisting dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.
Acara penuntasan 2G Modernisasi ini berlangsung di Hotel Sheraton Surabaya, Selasa (17/12). Hadir pada acara ini Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir, Vice President XL East Region, Titus Dondi dan Senior General Manager PT. Huawei Service, Harry Wibowo serta Account Director Delivery PT. Huawei Tech Invesment, Zhu Yi.
“Sebagai operator telekomunikasi terkemuka di Indoneisa kami terus beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang saat ini. Salah satunya adalah dengan Modernisasi Jaringan yang telah kami lakukan sejak tahun lalu di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini adalah langkah strategis yang kami ambil untuk terus menjadi yang terdepan dalam layanan tekomunikasi, terutama layanan data,” Vice President Project Management Officer XL, Agus Simorangkir.
Vice President XL East Region, Titus Dondi menambahkan, modernisasi jaringan dilakukan mengingat kebutuhan pelanggan atas layanan XL yang terus meningkat untuk semua jenis layanan. Modernisasi ini sekaligus sebagai antisipasi terus meningkatkan akses pelanggan pada layanan data dimana pelanggan membutuhkan baik kecepatan maupun sinyal yang stabil. ”Langkah ini sekaligus sebagai realisasi komitmen XL untuk menghadirkan layanan yang berkualitas bagi pelanggan,” jelas Titus.
Proses modernisasi ini dimulai dari Surabaya kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Jawa Timur yang berlangsung mulai 29 Mei 2013. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan.
“Kami sangat bangga menjadi bagian dari proyek modernisasi jaringan XL dalam menyediakan layanan kualitas terbaik kepada pelanggan XL yang tersebar di wilayah Jawa Timur. Kerjasama ini juga sejalan dengan visi Huawei, yaitu untuk melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia dalam menyambut era Mobile Broadband”, jelas Account Director Delivery PT. Huawei Tech Invesment – Zhu Yi.
Saat ini jumlah pelanggan XL di area Jawa Timur sudah lebih dari 7,3 juta, yang ditopang oleh lebih dari 3300 BTS 2G/3G XL. Jangkauan pelayanan XL sudah menjangkau seluruh area hingga kecamatan. Ke depan XL terus memperluas jaringannya untuk melayani lebih banyak lagi kebutuhan komunikasi masyarakat dan memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di propinsi Jawa Timur.(fia)