Pesona-pesona BlackBerry Z30

LEGA: Layar lebih besar BlackBerry Z30 cukup populer di kalangan pengguna gadget.

MALANG – Beberapa waktu lalu, BlackBerry secara resmi melaunching produk seri Z30 di Indonesia. Meski belum banyak beredar, namun ponsel yang menggunakan operating sistem (OS) BlackBerry 10.2 ini sudah bisa ditemui di pasar gadget Malang Raya. Bahkan beberapa warga Kota Malang juga sudah ada yang menggunakan, ponsel seberat 120 gram tersebut.
Reno, salah satunya. Warga Jalan MT Hariono ini langsung membeli ponsel dengan layar Super AMOLED seluas 5 inci tersebut sesaat setelah BlackBerry melaunching secara resmi. Sekalipun tidak mengatakan tempat pembeliannya, pria 27 tahun ini mengaku puas dengan ponsel barunya itu.
“Dibandingkan dengan tiga ponsel BlackBerry 10 lainnya, ini yang paling perfect,’’ katanya. Menurut Reno, BlackBerry Z30 ini memiliki fitur yang sangat lengkap, dan didukung dengan spesifikasi yang handal. Sehingga hampir tidak pernah ada kendala dialami saat menggunakan ponsel layar sentuh itu secara aktif.
Reno merinci, desain Z30 relatif lebih nyaman digenggam jika dibandingkan dengan varian BlackBerry sebelumnya mulai dari Gemini, Onyx 2, hingga Z10.  “Adanya lekukan di setiap sudut ponsel yang membuat berbeda. Dan tangan ini lebih nyaman saat menggenggam,’’ katanya. Namun tidak bisa dipungkiri, material plastik yang membungkus ponsel sedikit memberi nilai minus.
Sedangkan untuk tampilan depannya, Reno mengatakan tidak ada perbedaan. Ponsel ini dilengkapi dengan layar jenis Super AMOLED seluas 5 inci. Dibagian atasnya ada kamera depan, yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk video call atau keperluan mem foto secara umum.  
“Kamera depan menggunakan lensa 2 megapiksel. Lumayanlah untuk video call tetap jernih,’’ urainya. Sedangkan di sebelah kamera ada lubang speaker untuk menerima panggilan. Sedangkan LED indikator juga ada di bagian kanan atas. LED tersebut menyala untuk memberikan notifikasi bila ada pesan masuk dan terakhir yang mungkin tidak terlihat adalah sensor di bagian atas depan berupa sensor cahaya dan proximity sensor.
Sementara untuk kinerjanya, BlackBerry Z30 disokong dengan processor dual core 1,7 GHz. GPU Adreno 320 ditanam untuk kerluan grafiknya. Namun yang membuat performa ponsel ini lebih unggul dibandingkan lainya, karena BlackBerry menanamkan memory 2 GB. Ponsel ini juga didukung memory penyimpanan data sebesar 16GB.  Bila dirasa tidak cukup maka  memory penyimpanan dapat ditambahkan menggunakan external memory hingga 64 GB.
“Kinerjanya sangat cepat, mulai dengan aktifitas normal hingga aktifitas berat sama sekali tidak ada kendala,’’ katanya sembari mengatakan performa ponsel kian apik karena adanya dukungan operating sistem BlackBerry 10.2 yang merupakan versi terbaru OS BlackBerry.
Ada perubahan yang frontal pada OS BlackBerry 10.2 dibandingkan OS versi sebelumnya. Ada beberapa fitur baru ditanamkan pada OS tersebut. Diantaranya priority hub untuk menempatkan pesan atau kontak secara prioritas, juga notifikasi pesan yang akan muncul sekilas ketika sedang membuka aplikasi apapun, ini mirip notifikasi email di MS outlook yang akan muncul di pojok kanan bawah monitor jika ada email masuk. Termasuk kualitas audio nya yang lebih jernih dan juga stereo.
Kabar menggembirakan lain pada BlackBerry Z30 ini adalah ponsel ini dilengkapi lebih dari 70 ribu aplikasi. Tentunya tidak semua aplikasi ini terpasang, jika menginginkan pengguna bisa langsung mengambilnya melalui BlackBerry World. Aplikasi atau game yang ada, diakui Reno sudah memiliki kualitas lebih dibandikan yang tersimpan pada OS BlackBerry versi sebelumnya. Tampilan gamenya juga sudah lebih jelas, dan gambarnya juga jernih. “Sama dengan perangkat lain, aplikasi bisa diunduh secara gratis dan berbayar,’’ ucapnya lagi.
Tapi yang membuat Reno mengaku puas, adalah baterai ponsel ini sangat tahan lama. Ya BlackBerry Z30 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2880 mAh. Selain kapasitas baterai yang besar, layar Super AMOLED yang tertanam pada ponsel sangat mempengaruhi ketahanan baterai. Untuk kebutuhan talk-time battery, ponsel ini bisa bertahan 18 jam.  Tapi yang membuat sedikit disayangkan adalah posisi baterai yang un-removable battery artinya battery tidak dapat dilepas dan dipasang dengan mudah. Sehingga jika terjadi kendala pada baterai, pengguna pun wajib mendatangi service center BlackBerry.
“Untuk kameranya utama, BlackBerry Z30 memiliki resolusi 8 megapiksel. Tidak berbeda dengan BlackBerry Z10 atau Q10. Hasil jepretan maupun rekaman gambar ponsel ini juga cukup apik,’’ tandas pria yang mengaku bekerja di salah satu koperasi Jalan MT Hariono ini.(vik/fia)