Lumia 1020 kejayaan baru Nokia

MALANG – Hadir dengan lensa pure view berkekuatan 41 megapiksel, Lumia 1020 menyedot perhatian masyarakat. Terutama mereka pecinta fotografi. Banyak diantaranya yang penasaran dengan hasil jepretan ponsel ini.
Anisa Dian, salah satu pengguna ponsel ini mengatakan, secara spesifikasi Lumia 1020 memang hadir tanpa cela. Desainnya yang ramping, serta warnanya yang cerah membuat ponsel ini tampil elegan tapi tetap terlihat gaul.
Kinerja ponsel sama sekali tidak mengecewakan. Prosesor dual core yang tertanam pada ponsel dikatakan mahasiswi Universitas Brawijaya (UB) ini mampu mengerjakan berbagai pekerjaan ringan atau pekerjaan berat.
“Mengerjakan tugas kuliah, dan menyimpannya dalam file atau langsung mengirimkan kepada teman via email, ponsel ini sangat bisa diandalkan. Apalagi, untuk menulis dokumen, kita tidak perlu melakukan install aplikasi lagi, karena dalam ponsel berbasis windows 8, aplikasi tersebut sudah tersedia, layaknya di CPU yang menggunakan operating sistem Windows 8. Tinggal kita buka aplikasinya, kemudian mengetik,’’ urai dia.
Dara yang akrab disapa Nisa ini mengaku Nokia Minded. Itu karena ponsel ini berbasis windows, yang diklaimnya memiliki kecepatan untuk soal data atau mengirim serta menerima file. “Kebetulan juga saya kerap mengirim email, sehingga dengan hadirnya Lumia 1020 ini sangat membantu,’’ urainya.
Tapi yang membuat Nisa puas adalah kemampuan kameranya. Lensa dengan sensor berkekuatan 41 megapiksel, membuat hasil jepretan Lumia 1020 sangat luar biasa. Bahkan, dia mengklaim hasil jepretan ponselnya tidak mengalahkan hasil jepretan dari kamera DSLR miliknya.
“Saya punya kamera DSLR dengan sensor 10.2 megapiksel. Kemudian membandingkannya dengan hasil jepretan dari kamera ponsel, masih lebih jernih, dan warnanya juga lebih natural,’’ katanya. Hal ini memang cukup wajar, karena Nokia menanamkan teknologi pure view pada ponsel seharga Rp 7.999.000 ini. Selain itu lensa buatan Carl Zeiss juga sangat mendukung hasil jepretan ponsel ini.
“Hampir semua fitur yang tertanam pada kamera DSLR ada di kamera Lumia 1020. Mulai dari teknologi Pure View, Optical Image Stabilization (OIS), ataupun Backslide-Illuminated Image Sensor, tertanam pada kamera ponsel ini. Dan itu yang membuat hasil jepretan Nokia Lumia 1020 kian mantap,’’ katanya.
Bukan itu saja, kamera ponsel ini juga memiliki enam lapisan optic layaknya kamera DSLR. Lapisan lensa itulah yang membuat hasil jepretan tampak nyata, sekalipun pengambilan gambar melalui pembesaran hingga 3 kali.
“Adanya auto focus dan Xenon Flash kian memudahkan kita mengambil gambar, sekalipun di tempat yang kurang cahaya,’’ urainya.
Bukan hanya menjepret foto, kamera pada Lumia juga dilengkapi dengan kemampuan merekam gambar video. Menurut Nisa, hasil rekaman dari kamera ini juga sangat ciamik, karena mampu merekam dengan kualitas gambar HD dengan resolusi 1080p, dengan kecepatan 30 fps. Mode Nokia Pro Camera dan Mode Nokia Smart Camera, kian membuat penggunanya kreatif.
“Ada pilihan sensor, kita bisa mengambil gambar dengan sensor pilihan kita. Seperti gambar pemandangan ini, saya menggunakan sensor 25 megapiksel, hasilnya sudah sangat luar biasa. Artinya ponsel ini betul-betul menjawab semua kebutuhan saya,’’ urainya.
Sementara untuk spesifikasinya, Nisa pun mengatakan ponsel ini hadir dengan layar 4.5 inci. Layar yang ditanam adalah jenis Super AMOLED WXGA berresolusi 1280 x 768 piksel. Layar ponsel ini sangat tahan dengan berbagai goresan lantaran dilapisi pelindung gorilla 3 glass. “Layarnya dilengkapi dengan teknologi PureMotion HD+, Clear Black dan mode kecerahan yang tinggi,’’ katanya.
Layar Super AMOLED yang tertanam membuat ponsel barunya tersebut cukup irit baterai. Terbukti, meski kapasitas baterai ponsel ini hanya 2000 mAh, namun ponsel ini mampu bertahan 19.1 jam talktime jaringan 2G, dan 13.3 jam talktime jaringan 3G. Ponsel ini mampu memutar musik nonstop hingga 63 jam, dan memutar video hingga 6.8 jam.(vik/fia)