Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas Jaringan

MALANG – Indosat siap melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama Natal 2013, Tahun Baru 2014 dan liburan akhir tahun melalui peningkatan kualitas dan kapasitas jaringan, dimana pada masa tersebut biasa terjadi kenaikan trafik telekomunikasi. Dalam rilis yang dikirim ke Malang Post, pihak Indosat telah mempersiapkan performansi jaringannya untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan komunikasi pelanggan, tanpa adanya kendala yang berarti. “Menghadapi masa Natal 2013, Tahun Baru 2014 dan liburan akhir tahun ini, Indosat telah menyiapkan kapasitas layanan yang disesuaikan dengan perkiraan kenaikan trafik yang akan terjadi di masa-masa tersebut,” ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relations
Dia mengatakan, hal ini sebagai wujud komitmen Indosat untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan layanan Indosat serta ketiadaan kendala selama berkomunikasi. Di tahun ini Indosat menggelar modernisasi jaringan yang mengedepankan adanya peningkatan kekuatan sinyal, jangkauan sinyal yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik.  “Indosat melakukan berbagai upaya antisipasi kenaikan trafik antara lain melalui peningkatan kapasitas jaringan, optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun,” ungkapnya.
Sementara untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama Natal 2013, Tahun Baru 2014 dan libur akhir tahun ini, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, SMS, maupun data. Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari (18 juta erlang/hari), untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 150 Terabyte/hari. Secara nasional, hingga triwulan ketiga 2013, Indosat melayani 53,8 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 23.207.
“Peningkatan kapasitas ini didasarkan pada pengalaman peningkatan trafik telekomunikasi di masa-masa Natal, Tahun Baru dan liburan akhir tahun pada tahun-tahun sebelumnya serta prediksi kenaikan trafik yang akan terjadi pada tahun ini sehingga kapasitas ini diharapkan mampu mengantisipasi kenaikan trafik yang terjadi,” tambah Adrian Prasanto.  Bukan itu saja, upaya meningkatkan kesiapan jaringan Indosat menghadapi Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun, juga didukung dengan program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung.
Menurut dia, modernisasi jaringan ini memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik.  Selain itu, Indosat juga melakukan monitoring performasi jaringan selama masa-masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center, yang beroperasi selama 24 jam penuh dengan kemampuan  mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta.
Sementara itu di Malang, Erwiyati Sri Lestari, Dept. Sales Area Malang-Area East Java Indosat  mengatakan kesiapannya menghadapi lonjakan traffic saat Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 serta saat liburan tahun baru. “Saat ini kami sudah menyiapkan jaringannya, hingga ke pelosok-pelosok. Tidak hanya untuk voice atau SMS sata, tapi juga kami menyiapkan jaringan untuk datanya,”  katanya.  Wanita yang klerap disapa dengan nama Ei ini mengatakan, kesiapannya ini seiring dengan terus bertumbuhnya jumlah pelanggan Indosat. Sekalipun tidak menyebutkan angkanya, wanita berjilbab ini mengaku terjadi kenaikan yang cukup untuk pelanggan. (vik/mar)