2013, Samsung Rajai Pasar Ponsel Android

MALANG –  Tahun 2013 banyak vendor menciptakan smartphone maupun tablet. Tidak hanya vendor global, tapi juga vendor lokal ikut berkompetisi untuk mendapatkan perhatian konsumen, dengan menciptakan berbagai ponsel atau tablet sesuai selera konsumen. Beberapa vendor yang banyak mengeluarkan produk baru tersebut diantaranya adalah Samsung.  Tahun 2013 ini sedikitnya ada 10 gadget baru yang diciptakan perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini. Diawali dari Galaxy S4, S4 Zoom, S4 mini, Galaxy Tab 3, versi  7 inci, 8 inci, dan 10.1, Galaxy Note 3, Galaxy Tab 2014 Edition, Galaxy Mega versi 5.8 dan versi 6.3 inci, Galaxy Grand dan Galaxy Grand 2, Galaxy Core, Galaxy Fame, Galaxy Ace 3, Galaxy Star, Galaxy Chat dan Galaxy Young.
Ponsel baru seri Galaxy ini semuanya berbasis Android. Menariknya, dari sekian banyaknya ponsel ini cukup mulus dalam hal penjualan, alias hampir semua ponsel besutan Samsung ini laris manis.  “Samsung lebih unggul karena menawarkan beragam inovasi. Fitur serta teknologinya juga sangat mendukung, ponsel besutan Samsung dilirik konsumen. Termasuk tampilannya yang sederhana membuat banyak konsumen mudah menggunakan sekalipun mereka yang belum pernah memegang Android sekalipun,” kata Andik Siswanto. Pemilik Rolland Cell Malang Plasa.
Dia menjelaskan, selain fitur dan teknologi di dalamnya, Samsung juga unggul dalam hal pemasaran. Banyak toko yang dipasang poster Samsung, atau promotor yang terus memasarkan produk Samsung sangat mempengaruhi tingkat penjualan. Selain Samsung, vendor lain yang kerap menciptakan produk baru adalah Nokia. Sedikitnya ada enam produk baru Nokia yang dikenalkan pada tahun 2013 ini. Sebut saja Nokia Lumia 920, Lumia 925, Lumia 820, Lumia 720, Lumia 620, Lumia 625, Lumia 520, Asha 300, Asha 305, Asha 501 dan Asha 210, serta ponsel seri low end Nokia 100, Nokia 101, Nokia 105 dan Nokia 208.
“Meskipun tidak selaris ponsel Samsung, tapi yang jelas perangkat dari Nokia ini cukup mendapat perhatian para penggunanya. Nokia tidak bermain pada Android, tapi Windows Phone. Ini yang membuat Nokia berbeda. Karena perbedaan itu juga ponsel ciptaan Nokia banyak diminati,” terangnya. LG pun tidak kalah dengan dua kompetitornya. Mereka juga menciptakan banyak produk baru. Namun sayang, LG kurang beruntung dalam hal pemasaran. Termasuk Sony.  Sekalipun perusahaan ini menciptakan produk yang memiliki spesifikasi luar biasa, kenyataannya tidak mampu menandingi pasar ponsel besutan Samsung.  
“Seri Android pemegang pasarnya tetap Samsung,” kata Andik. BlackBerry sempat berjaya pada awal hingga kwartal ke 3 tahun 2013. Produk dari pabrikan asal Kanada cukup memikat hati para konsumen. Sebut saja Onyx 3, BlackBerry Q5, Q10 dan Z10, juga BlackBerry 9720. Namun begitu, pasar BlackBerry meredup seiring pabrikan ini mengeluarkan aplikasi BBM lintar platform. Tapi kondisi itu tidak lama, karena awal Desember lalu, BlackBerry kembali dilirik pasar. “Beberapa seri Lenovo juga cukup laris. Seperti ideaTab 1000, ideaTab3000, K900, dan beberapa lainnya,” tegasnya.  (vik/mar)