BlackBerry Bayangi Pergerakan Samsung

MALANG – Tidak hanya Samsung yang mulus di pasar gadget. Sepanjang tahun 2013, BlackBerry juga menempati urutan ke dua dalam hal penjualan. Tidak hanya untuk produk baru, tingginya penjualan tersebut juga terjadi untuk  unit second. Di Malang Plaza contohnya. Hampir rata-rata pemilik konter penjualan ponsel second mengatakan BlackBerry masih tetap diminati.
Memang tidak bisa dipungkiri, penjualan BlackBerry sempat merosot tajam, pada awal triwulan ke empat. Itu seiring dengan masuknya aplikasi BlackBerry Messenger di Android dan iOS. Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Pada pertengahan triwulan ke empat, tepatnya pertengahan November, ponsel besutan Research In Motion (RIM) BlackBerry ini meraih kembali posisi penjualannya.
“Pada awal tahun hingga awal September lalu, penjualan BlackBerry terus bersaing dengan Samsung (all tipe). Namun pertengahan September penjualan BlackBerry mengalami penurunan sangat drastis. Yang biasanya kami bisa menjual 3-5 unit,  setiap hari di waktu itu kami hanya mampu menjual rata-rata 1 unit BlackBerry setiap hari,’’ kata pemilik NFC Cell Malang Plasa, Edi Purwanto kepada Malang Post. Tidak hanya penjualannya saja yang turun. Edi juga mengatakan saat itu banyak user yang menjual unit BlackBerrynya dan beralih pada perangkat android.
“Kondisi tersebut hanya berlangsung selama satu bulan saja, kemudian pada bulan berikutnya pasar BlackBerry kembali normal. Banyak user yang kembali membeli BlackBerry,’’ tambah Edi yang mengatakan beberapa user mengatakan, menggunakan BlackBerry lebih baik untuk urusan BBM.
Sementara untuk unit BlackBerry yang paling laris tahun 2013 ini, beberapa pihak mengatakan adalah perangkat yang menggunakan OS BlackBerry 10. Yaitu BlackBerry Z10, BlackBerry Q10 dan BlackBerry Q5. Tiga perangkat tersebut sejak awal gaungnya terus dicari konsumen. Itu seiring BlackBerry menghadirkan banyak perubahan pada OS BlackBerry 10 tersebut.
“Secara tampilan jelas perangkat menggunakan OS BlackBerry 10 tidak sama dengan OS BlackBerry 7. Di OS 10 ini, BlackBerry betul-betul memberikan kemudahan, dan aplikasi di dalamnya tidak kalah dengan aplikasi Android,’’ kata Pemilik Kusuma Cell, Erlinda kepada Malang Post.
Linda menyebutkan, salah satu aplikasi andalan pada BlackBerry 10 ini adalah BlackBerry Hub. Aplikasi ini dapat ditemui pada BlackBerry Z10, Q10, Q5 dan kini paling baru dirilis adalah Z30.
“Pengguna hanya perlu menggeser layar saat melihat lampu notifikasi berkedip. Pengguna tidak perlu mematikan aplikasi yang saat itu dijalankan untuk melihat pesan atau percakapan. Ini sangat simple dan memudahkan pengguna,’’ kata Linda.
Terkait dengan meningkatnya angka penjualan BlackBerry, beberapa outlet pun menggelar promo penjualan. Sebut saja di Erafone. Outlet modern ini memberikan cashback  hingga Rp 1 juta. Seperti BlackBerry Q10 , yang semula dibanderol dengan harga Rp 6.799.000 turun harga menjadi Rp Rp 5.799.000. Sedangkan Z10, yang semula dibanderol dengan harga Rp 4.599.000 turun harga menjadi Rp 4.099.000. Q5 lebih terjangkau juga berkat cash back dari Rp 3,99 juta menjadi Rp 3,49 juta.
“Selain itu juga ada promo penjualan BlackBerry 9220 dan BlackBerry 9790. Promo berakhir sampai 31 Desember mendatang. Pembelian bisa dilakukan menggunakan cash maupun kredit 0 persen,’’ tandas Frontliner Erafone Agusti Dewi kepada Malang Post kemarin.(vik/fia)