Bintang Lenovo Bersinar di Sepanjang 2013

LARIS: Meskipun menjadi pemain baru di segmen smartphone, Lenovo ternyata mampu mencuri perhatian pengguna gadget dengan performanya yang tak mengecewakan.

MALANG – Tidak hanya Samsung dan BlackBerry yang laris manis di tahun 2013. Lenovo, kendati menjadi pemain baru di segmen smartphone  ternyata juga mampu menarik perhatian konsumen. Perusahaan asal Cina ini cukup sukses dengan beberapa seri smartphone ataupun tabletnya.
Ponsel pertama yang diluncurkan Lenovo tahun 2013 di Indonesia adalah A800. Ponsel dengan layar IPS seluas 4.5 inci ini hadir dengan prosesor dual core, serta kamera 5 megapiksel. Bodynya yang sederhana cukup diminati konsumen, terlebih ponsel ini juga hadir dengan baterai berkapasitas 1500 mAh, yang diyakini mampu menjalankan berbagai aktifitas ponsel selama 24 jam penuh.
Kesuksesan Lenovo pun berlanjut dengan munculnya produk Lenovo S890. Seperti A800, ponsel ini langsung menjadi incaran warga. Alasannya jelas, ponsel yang kali pertama dikenalkan dibanderol dengan harga Rp 2,6 juta ini memiliki layar seluas 5 inci. Harga tersebut, relatif murah. Terlebih jika dibandingkan dengan kompetitornya, yang membandrol ponsel layar jumbonya dengan harga Rp 3 juta ke atas.
“Saat itu Samsung juga mengenalkan ponsel Galaxy S3 yang dijual Rp 7.5 juta,’’ kata Sales Division Global Teleshop,  Sylvi Novita kepada Malang Post.
Sukes dengan dua ponsel tersebut, Lenovo pun kian berani. Vendor asal Cina ini tidak hanya menciptakan ponsel pintar berbasis Android yang memiliki banyak fitur serta spesifikasi. Pada akhir kuartal pertama lalu, Lenovo juga menciptakan ponsel dengan baterai monster yaitu P770. Kehadirannya tentu membuat banyak orang penasaran. Dan itu terbukti, begitu ponsel ini nongol di Malang, warga pun langsung membelinya.
“Sedikitnya ada 13 ponsel pintar dan tablet besutan Lenovo beredar di tahun 2013. Produk paling laris untuk kelas menengah ke bawah adalah A390. Ponsel 4 inci ini banyak diburu, bahkan beberapa waktu lalu sempat menjadi barang langka, karena banyak outlet kehabisan stok,’’ kata wanita berambut panjang ini.
Sedangkan untuk kelas menengah ke atas, Sylvi seketika menyebutkan seri K900, ponsel paling laris tahun 2013. Diapun mengatakan, sangat wajar jika K900 menjadi ponsel paling laris. Itu karena Lenovo telah menanamkan prosesor intel atom pada ponsel ini. Prosesor intel atom sendiri kerap kali dipasang pada CPU.
“Lenovo menawarkan kinerja dan performa ponsel yang luar biasa pada K900 ini, seiring masuknya prosesor intel atom di dalamnya,’’ urainya.
Selain itu Sylvi juga mengatakan K900 hadir dengan desain sangat elegan. Bentuknya kotak yang tipis, dipadu dengan layar IPS seluas 5.5 inci, membuat kehadirannya sangat terlihat elegan. Untuk memory penyimpanannya, ponsel ini memberikan ruang 16 GB untuk ROM dan 2 GB untuk RAM. Sedangkan kameranya 13 megapiksel membuat pengguna leluasa untuk mengambil foto atau mengabadikan berbagai moment.
“Selain itu juga ada seri S720, S820, dan S920. Ketiga seri ini juga banyak diburu. Apalagi saat promo trade in kemarin, S920 cukup merajai,’’ tambah wanita asa Singosari ini.
Selain smartphone, tablet Lenovo juga laris manis. Tablet Lenovo dikenalkan pertengahan tahun lalu. Tidak satu, tapi tiga produk sekaligus. Yaitu A1000, A3000 dan S6000. “A1000 hadir dengan layar seluas 7 inci, kinerjanya disokong dengan prosesor dual core dengan RAM 512 MB. Harganya yang hanya Rp 1.4 juta membuat tablet ini laris,’’ tambahnya.
Sedangkan A3000 spesifikasinya lebih tinggi, selain hadir dengan layar IPS 7 inci, tablet ini juga disokong dengan prosesor quad core. Memory internal 16 GB memberikan daya tarik tersendiri. Untuk harganya tablet ini dibanderol dengan harga Rp 2.2 juta. Dan tablet terakhir adalah seri S6000.
Berbeda dengan A1000 dan A3000, S6000 hadir dengan layar IPS 10.1 inci. Tablet ini hadir dengan platform Android 4.2 Jelly Bean. Kinerjanya juga cukup cepat, karena didukung dengan prosesor quad core. Selain itu tablet ini juga hadir dengan single SIM. BAterainya berkapasitas 6350. “Saat ini ada promo cashback untuk pembelian ponsel Lenovo. Cash back diberikan mulai Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu,’’ tandas Sylvi.(vik/fia)