Epson L210, Diklaim Paling Irit Sedunia

MALANG – Epson cukup sukses dengan printer seri L nya. Salah satu seri paling laris adalah Epson L210. Printer yang dikenalkan sejak awal tahun 2013 ini banyak diminati, lantaran mampu mencetak dengan hasil yang tajam, dan kedua irit.
Itu seiring dengan technology ink tank system yang ditanam. Marketing Print Sipp, Plasa Dieng Heni Setyowati mengatakan teknologi ink tank system kali pertama dikenalkan Epson tahun 2010 lalu. Teknologi tersebut terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar.  “Kebutuhan masyarakat untuk mencetak document kian hari kian meningkat, itulah yang menjadi alasan Epson menciptakan printer dengan teknologi Ink Tank System,’’ katanya, sembari menjelaskan hadirnya teknologi ini, membuat biaya cetak akan lebih murah.
Tidak sekedar mengatakan, Heni pun merinci biaya cetak untuk printer Epson L210. Yaitu satu botol tinta dijual harga Rp 69.000 per botol. Satu botol tinta hitam tersebut ukuran 70 ml,  mampu mencetak 4000 halaman hitam  putih. Sedangkan untuk halaman warna, pengguna bisa mencetak hingga 6500 lembar, hanya dengan tiga botol tinta warna ukuran 70 ml.
“Dengan botol tinta ini, printer sistim tangki tinta Epson L series menawarkan biaya cetak per halaman terendah di dunia dibandngkan dengan tinta orisinal bermerek lainnya hanya Rp 20 per halaman untuk hitam dan Rp 35 per halaman warna,’’ kata Heni sembari mengatakan printer Epson tipe L 210 didesain khusus untuk pengguna di rumah atau Small office.
Sedangkan untuk kecepatannya L210 ini tidak perlu diragukan. Printer ini memiliki kecepatan cetak yang lebih cepat, 6 ip (image per menit standar ISO) dengan kecepatan cetak dua kali dari model sebelumnya L 200.  “Makanya dikatakan cocok untuk pengguna di rumah atau small office karena selain biaya cetaknya murah, juga kinerjanya sangat cepat,’’ tandas Heni yang membandrol printer ini dengan harga Rp 1.9 jutaan.(vik/fia)