Kamera Pocket Berbekal WiFi dan GPS

MALANG – Koneksifitas WiFi tidak hanya trend pada produk ponsel atau tablet. Seiring perkembangan zaman, WiFi juga ditanam pada produk kamera. Itu terbukti, saat ini banyak kamera yang disertai dengan WiFi di dalamnya. Salah satunya adalah Samasung Smart Camera NX1000.  WiFi yang tertanam pada perangkat berukuran mungil ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk berbagi file jepretan kepada siapa saja.
Secara fisik, NX1000 ini memiliki bentuk yang bersahabat. Ukurannya yang mungil membuatnya mudah dibawa kemana saja. Namun begitu, di balik ukuran mungilnya itu, Samsung juga menyokong perangkat ini dengan berbagai fitur dan spesifikasi  yang mumpuni. Desainya yang mungil dan stylish kian memberikan daya tarik perangkat ini. Ditambah dengan user interface yang sangat mudah digunakan, membuat perangkat ini banyak diminati.  
Marketing Ivan Cell, Dinoyo , Muhammad Taukhid  mengatakan Samsung Smart Camera NX1000, merupakan kamera dengan lensa 20.3 megapiksel. Sensor APS-C CMOS yang ditanam pada lensa mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Bahkan tidak hanya mampu mengambil delapan foto berturut-turut, tapi juga merekam video full HD.  Menariknya lagi, pengguna juga bisa leluasa mengedit hasil jepretan gambar.
“Untuk mendapatkan hasil yang kreatif, pengguna bisa masuk ke fitur Add On, yang di dalamnya terdapat fungsi panorama 3D, magic frame, atau smart filter,’’ kata Taukhid.
Sementara untuk memudahkan hasil jepretan, Samsung juga menanamkan layar LCD berukuran 3 inci di bagian belakang perangkat. Menariknya, layar yang ditanam adalah jenis LCD, dengan teknologi AMOLED  berukuran 3.0 inci. Layar tersebut mampu memancarkan resolusi hingga 921.000 dot.
“Sistem pengoperasian NX1000 ini cukup mudah dipahami. Termasuk oleh orang yang awam sekalipun. Tombol-tombol yang berada di atas dan belakang bodi kamera memudahkan pengguna. Selain itu juga ada tombol smart link untuk mengaktifkan Wi-Fi,’’ tambahnya.
Layaknya kamera DSLR pengguna dapat mengambil gambar pada mode manual hingga full auto. Dari mode manual, pengaturan aperture, speed, ISO dilakukan oleh pengguna, sehingga exposure dapat diatur sesuai selera. Bagi yang tidak ingin repot, mode auto dengan segudang scene mode dan effect yang terangkum dalam smart filter bisa menjadi pilihan.
Selain memiliki resolusi besar dan segudang mode pemotretan, NX1000 ini juga dibekali dengan perekam video beresolusi Full HD 1080p 30fps. Momen berharga pengguna dapat difilmkan dengan mudah. Dalam pemotretan, kamera ini juga memberikan feature burst (continuous shot) hingga 8 fps.
“Selain WiFi, Samsung juga menanam GPS pada kamera ini, sehingga  akan kian memudahkan pengguna untuk mengambil gambar,’’ terang Taukhid.(vik/fia)