Optimus G Pro, Smartphone Flagship dari LG

CEPAT: Memori RAM 2GB membantu LG Optimus G Pro memproses aplikasi dengan cepat.

MALANG –   Tahun 2013 juga menjadi tahun  kejayaan LG. Itu seiring dengan banyaknya produk baru diciptakan perusahaan asal Korea Selatan ini mampu menarik perhatian para konsumen.
Salah satu produk LG yang mulus dipasaran adalah seri Optimus G Pro. Ponsel seharga Rp 6.999.000, tidak hanya hadir dengan desain yang elegan, namun juga performa yang gahar. Seperti layarnya, LG membenamkan layar jenis IPS seluas 5.5 inci. Layar tersebut  mampu menghasilkan resolusi 1080p Full HD 1920x1080 piksel, dengan kerapatan piksel mencapai 400ppi (pixels per inch). Ukuran yang cukup besar untuk kelas smartphone.
Promotor LG Arima, mengatakan LG Optimus G Pro memiliki kinerja yang luar biasa. Itu karena ponsel ini dipersenjatai oleh prosesor jenis Qualcomm Snapdragon 600, quad core dengan kecepatan 1.7GHz. Didukung dengan memory RAM 2 GB membuat kinerja ponsel kian mantap, serta GPU Adreno 320 untuk tampilan grafisnya.
Ponsel ini bekerja dengan operating sistem Android Jelly Bean, yang menawarkan banyak aplikasi gratis maupun berbayar. Sedangkan di sisi kameranya, ponsel ini dibekali dengan lensa berkekuatan 13 megapiksel. Kapasitas baterai 3,140mAh, membuat ponsel ini memiliki daya hidup cukup lama.
Bukan hanya itu, secara fitur ponsel ini juga lain dari pada yang lain. Sehingga tidak salah jika LG menempatkan ponsel ini sebagai ponsel kelas flaghship.
Beberapa fitur yang tertanam pada ponsel ini diantarannya adalah quick memo. Sebetulnya fitur quick memo ditanam LG di beberapa produknya, seperti Optimu 4X, Vu dan G. Fitur Quick Memo ini berbeda dengan memo atau note di produk Samsung. Karena pengguna bisa langsung mengedit layar hanya dengan membuka bar notifikasi.
“Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menekan Quick Memo di quick toggle. Setelah itu layar siap untuk dicoret-coret, atau pengguna bisa langsung menekan tombol Qmemo di samping kiri, di atas tombol volume. Layar apapun yang ditampilkan sudah siap untuk dicoret-coret,’’ kata Arima yang mengatakan, ada beberapa tipe alat coret yakni pen, spidol dan stabilo. Arima menjelaskan, aplikasi Quick Memo ini jauh lebih praktis, karena bisa digunakan secara overlay (coretan di-non aktifkan namun coretan tetap terlihat di antar muka). Contohnya saat pengguna diberitahu nomor rekening oleh teman, dengan cepat pengguna bisa mengetiknya lebih dulu di Quick Memo yang bisa langsung dicoret dengan jari, baru kemudian disalin atau ditulis di phonebook.
Selain itu quick memo, fitur keren lain pada LG Optimus G Pro adalah Q Slide. Q Slide merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dalam satu layar.
Besarnya space untuk tiap aplikasi bisa diubah baik vertikal maupun horizontal. Seperti aplikasi yang diminimize di komputer. Sehingga, pengguna bisa multitasking hingga tiga aplikasi, misalnya melihat SMS (aplikasi di latar belakang) sambil browsing internet sembari menonton video.
“Tidak hanya itu, Q Slide juga meghadirkan fungsi overlay, membuat sebuah aplikasi yang dijalankan menjadi transparan sehingga pengguna bisa melihat layar di latar belakang,” rinci dia.
Ada bar untuk mengatur tingkat transparansi tiap aplikasi Qslide. Namun saat ini baru lima aplikasi bawaan yang sudah mendukung Qslide, yaitu Video, Internet, Memo, Calendar dan Calculator. Dan untuk menjalankannya sangat mulus seiring dengan dukungan RAM 2GB serta dan prosesor kelas atas pada Optimus G Pro.
Ada juga fitur QRemote yang memanfaatkan koneksi infrared. Fitur ini adalah aplikasi yang menjadikan G Pro sebagai remote control alat elektronik seperti TV, set-top box, AC, Audio, DVD, proyektor dan BluRay Player. Menariknya, remote ini bisa dipakai lintas merek, alias tak harus produk LG.
 “Dengan LG Optimus G Pro ini pengguna bebas melakukan banyak hal. Termasuk merubah model huruf. Huruf standar pada LG adalah Roboto, bisa disetting  menjadi LG SmartGothic, HYSerif, HYTravel atau dan 4 font lainnya. Selain itu pengguna juga bisa melakukan pengaturan tingkat kecerahan, time out layar, auto rotate, serta Smart Screen,’’ tandasnya.(vik/fia)