Bawa Ponsel Liburan ke Luar Negeri

TAK mau komunikasi terhambat, banyak traveler membawa ponselnya ketika liburan ke luar negeri. Namun, ada beberapa hal yang dipersiapkan sebelum membawa ponsel Anda. Seperti dikutip dari All Women Stalk, inilah lima tips penting sebelum membawa ponsel Anda ke luar negeri.

1. Download aplikasi dibutuhkan
Sebelum membawa ponsel ke luar negeri, perhatikan aplikasi apa saja yang sekiranya diperlukan. Mulai dari aplikasi peta lokal, moda transportasi lokal, dan apapun yang terkait. Semuanya ada di toko aplikasi. Usahakan men-download di dalam negeri. Ini karena ada beberapa negera yang meminta Anda untuk membayar biaya yang cukup mahal jika men-download aplikasi ponsel dari negara mereka.


2. Matikan auto updates
Di beberapa negara, update aplikasi atau download aplikasi bisa menarik pulsa yang cukup besar. Agar pulsa prabayar atau tagihan pascabayar tidak bobol, sebaiknya matikan pengaturan auto update ini. Fitur auto updates ini bisa Anda hidupkan lagi jika Anda sudah mendapatkan koneksi Wifi gratisan. Pasalnya, kalau Anda hanya mengandalkan jaringan seluler, siap-siap saja untuk bayar mahal biaya roaming untuk koneksi data.


3. Pilih SIM Card
Penentuan ingin menggunakan SIM card asal kita atau membeli yang baru di destinasi tujuan juga perlu dilakukan. Jika tetap ingin menggunakan nomor asal, Anda harus segera menghubungi pihak terkait perihal tata cara menghidupkan nomor di luar negeri. Sebaliknya, jika ingin menggunakan SIM card lokal di tempat tujuan, Anda harus mencari tahu berapa tarif telepon atau SMS. Jadi antisipasi uang yang akan dikeluarkan untuk biaya komunikasi telah siap.
Selain itu, biaya komunikasi juga bisa ditekan dengan mengandalkan WiFi gratisan. Biasanya koneksi ini tersedia di hotel, restoran, atau pusat perbelanjaan.

4. Charger selalu di tas
Tak peduli sebanyak apa barang yang dibawa, pastikan charger atau baterai cadangan selalu tersimpan di tas. Jangan sampai ketinggalan, karena ini penting banget. Jangan lupa juga untuk membawa adapter multifungsi yang memiliki beragam soket yang bisa digunakan di berbagai negara. Jadi Anda tetap bisa berkomunikasi dengan kerabat tanpa perlu takut kehabisan baterai.


5. Bawa charger portable
Jika charger atau baterai cadangan dirasa terlalu repot, Anda bisa membawa charger portable atau power bank. Jangan lupa juga membawa kabel charger. Jadi, baterai ponsel tetap bisa terisi penuh di mana saja dan kapan saja. Ini penting, karena saat di luar negeri baterai ponsel kita bisa saja cepat habis. Pasalnya, koneksi jaringan yang kita terima, apalagi saat roaming international, mungkin tidak sama kondisinya dengan di Indonesia. (dk/mar)