Speaker Unik Makin Menarik

MALANG - Musik menjadi salah satu hiburan yang paling mudah didapat, perangkat pemutar musik modern telah berukuran semakin kecil dan praktis. Hampir semua telepon genggam terbaru juga memiliki kemampuan memutar musik digital dengan format mp3 atau format lain yang juga memungkinkan file atau data musik disimpan dengan ukuran kecil.
Selain menggunakan earphone atau headphone untuk mendengarkan musik, perangkat speaker portabel dengan ukuran kecil juga menjadi bagian dari trend teknologi modern. Dengan menggunakan portabel speaker dengan kemampuan mengeluarkan suara serta kualitas yang baik, mendengarkan musik menjadi semakin mudah dilakukan di berbagai tempat dan waktu.
Hal ini memungkinkan setiap orang mendapatkan hiburan musik dari perangkat pemutar musik modern yang sederhana karena berukuran kecil. Saat ini cukup banyak speaker berukuran kecil atau kerap disebut sebagai speaker portable bertebaran. Menariknya lagi, speaker portable ini tidak sekadar berbentuk kotak. Para vendor menciptakan speaker dengan berbagai bentuk. Sehingga kesan unik, serta lucu pun terlihat.
Vendor paling banyak menciptakan speaker portable berbentuk lucu adalah Advance. Sedikitnya lebih dari 10 speaker yang sudah dikenalkan perusahaan lokal ini kepada masyarakat. Bentuknya mulai dari kotak, lampu senter, miniature mobil, minuman kaleng,  hingga kotak rokok atau cup minuman dari perusahaan makanan siap saji. Alhasil, dengan bentuknya yang unik tersebut, speaker buatan Advance inipun cukup diminati. Terlebih, speaker ini juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau.  
Owner Joe Laptop, Dani Lildan mengatakan speaker buatan Advance ini dibanderol mulai dari harga Rp 35 ribu hingga Rp 100 ribu. “Tergantung bentuk dan spesifikasinya juga, tapi yang jelas paling murah harganya Rp 35 ribu,’’ kata Dani sembari menunjukkan speaker berbentuk kemasan rokok.
Dani juga menjelaskan, Advance menjadi produk speaker portable yang mampu menciptakan kualitas suara yang lumayan. Speaker ini dapat disambungkan dengan berbagai perangkat elektronik lain, seperti tablet, komputer desktop ataupun ponsel.
Untuk konektifitasnya, perangkat ini cukup sederhana. Yaitu menggunakan audio jack 3.5 mm. Namun begitu sebelum menggunakannya, pengguna perlu menghidupkan dulu perangkat speaker. “Rata-rata untuk speaker besutan Advance ini dilengkapi dengan tombol on/off,’’ kata Dani.
Selain konektivitas dengan menggunakan USB serta kabel jack audio 3,5 mm, pada speaker Advance ini  juga tersedia slot microSD dengan maksimal kapasitas sebesar 32 GB. Artinya selain bisa memainkan musik dari perangkat lain, speaker ini juga bisa memainkan musik yang bersumber dari microSD yang tertanam di dalamnya. “Fungsi speaker ini sangat lengkap. Sangat cocok digunakan oleh teman-teman yang memiliki mobilitas tinggi,’’ jelas dia.
Ia menambahkan, speaker tersebut mampu memainkan musik selama 4 jam dalam kondisi baterai penuh. Tak lupa, pabrikan membekalinya dengan tombol pengaturan volume. (vik/fia)